Perancangan Website untuk Kampanye tentang Greenwashing bagi Generasi Z

Bella, Alicia (2023) Perancangan Website untuk Kampanye tentang Greenwashing bagi Generasi Z. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (555kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (546kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (140kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pemanasan global mengakibatkan meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap perlindungan lingkungan. Hal tersebut membuat konsumen memikirkan dampak lingkungan dari pembelian mereka. Ketika konsumen semakin sadar akan potensi dampak lingkungan dari pembelian mereka, konsumen kini cenderung memikirkan sisi keberlanjutan dalam membeli produk. Sehingga, banyak perusahaan mengambil kesempatan ini untuk memasarkan produk mereka sebagai produk ramah lingkungan sebagai opsi yang lebih meyakinkan. Tetapi, ketika mereka menghasilkan melebih- lebihkan klaim keberlanjutan mereka dan menghadirkan disinformasi yang disebarluaskan oleh suatu organisasi untuk menghadirkan citra publik yang bertanggung jawab terhadap lingkungan, tindakan tersebut disebut dengan greenwashing. Ketidaktahuan konsumen akan keberadaan greenwashing dapat mengakibatkan kerugian finansial bagi konsumen karena membayar lebih tanpa keuntungan keberlanjutan yang jelas dan tanpa mengetahui efek samping negatif dari membeli produk bagi konsumen dan lingkungan. Atas permasalahan tersebut, penulis mengajukan perancangan kampanye untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap tindakan greenwashing dan cara mengidentifikasi produk yang melakukan greenwashing. Media kampanye akan dirancangan melalui metode design thinking oleh Interaction Design Foundation serta strategi kampanye AISAS.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Greenwashing, keberlanjutan, kampanye
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 004 Computer Science, Data Processing, Hardware > 004.6 Internet, Cloud Computing, Website, LAN, Email
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 03 Jul 2023 09:51
Last Modified: 25 Aug 2023 06:19
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/25570

Actions (login required)

View Item View Item