Strategi dan Budaya Komunikasi Virtual Komunitas E-sport pada Permainan Mobile Legends (Studi Kasus pada Fortius E-sport)

Christy, Stefanus (2023) Strategi dan Budaya Komunikasi Virtual Komunitas E-sport pada Permainan Mobile Legends (Studi Kasus pada Fortius E-sport). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (138kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (115kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)

Abstract

Perkembangan teknologi dan internet telah mengubah cara berkomunikasi, termasuk dalam peremainan daring. Permainan daring telah menjadi salah satu bentuk permainan yang sangat populer, dan karena itu muncul banyak variasi bahasa komunikasi yang unik di dalamnya. Permainan daring memiliki banyak sekali pengguna di Indonesia khususnya permainan Mobile Legends. Dengan banyaknya pengguna permainan daring ini, banyak bermunculan komunitas gamer Mobile Legends di Indonesia, salah satunya Fortius E-sport. Komunikasi virtual memiliki banyak sekali bentuk dan jenis. Dari banyaknya bentuk komunikasi virtual, setiap komunitas memiliki cara komunikasinya tersendiri untuk menyampaikan strategi. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu apa tujuaan dan bagaimana penggunaan strategi komunikasi virtual yang ada pada Fortius E-sport. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan metode studi kasus, dengan menggunakan wawancara mendalam. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa strategi komunikasi virtual yang digunakan oleh Tim Fortius e-sport berupa kode-kode komunikasi singkat yang dipahami oleh seluruh anggota, tim Fortius juga memanfaatkan Computer Mediated Communication yang berupa pesan singkat yang dapat mendistraksi lawan dan dapat memprovokasi pihak lawan. Pada penelitian ini juga ditemukan bahwa berkomunikasi secara virtual terdapat kelebihan dan kelemahannya masing-masing, serta tim Fortius tetap membutuhkan komunikasi langsung untuk membangun sinergi antar anggota tim.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: , Komunikasi Virtual, CMC, Strategi komunikasi, Fortius e-sport
Subjects: ?? HD30 ??
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 03 Jul 2023 09:52
Last Modified: 03 Jul 2023 10:52
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/25574

Actions (login required)

View Item View Item