Christy, Stefanus (2023) Strategi dan Budaya Komunikasi Virtual Komunitas E-sport pada Permainan Mobile Legends (Studi Kasus pada Fortius E-sport). Bachelor Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
| 
 | PDF HALAMAN_AWAL.pdf Download (355kB) | Preview | |
| 
 | PDF DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (120kB) | Preview | |
| 
 | PDF BAB_I.pdf Download (199kB) | Preview | |
| 
 | PDF BAB_II.pdf Download (293kB) | Preview | |
| 
 | PDF BAB_III.pdf Download (138kB) | Preview | |
| ![[img]](https://kc.umn.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png) | PDF BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (377kB) | |
| 
 | PDF BAB_V.pdf Download (115kB) | Preview | |
| ![[img]](https://kc.umn.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png) | PDF LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (231kB) | 
Abstract
Perkembangan teknologi dan internet telah mengubah cara berkomunikasi, termasuk dalam peremainan daring. Permainan daring telah menjadi salah satu bentuk permainan yang sangat populer, dan karena itu muncul banyak variasi bahasa komunikasi yang unik di dalamnya. Permainan daring memiliki banyak sekali pengguna di Indonesia khususnya permainan Mobile Legends. Dengan banyaknya pengguna permainan daring ini, banyak bermunculan komunitas gamer Mobile Legends di Indonesia, salah satunya Fortius E-sport. Komunikasi virtual memiliki banyak sekali bentuk dan jenis. Dari banyaknya bentuk komunikasi virtual, setiap komunitas memiliki cara komunikasinya tersendiri untuk menyampaikan strategi. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu apa tujuaan dan bagaimana penggunaan strategi komunikasi virtual yang ada pada Fortius E-sport. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan metode studi kasus, dengan menggunakan wawancara mendalam. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa strategi komunikasi virtual yang digunakan oleh Tim Fortius e-sport berupa kode-kode komunikasi singkat yang dipahami oleh seluruh anggota, tim Fortius juga memanfaatkan Computer Mediated Communication yang berupa pesan singkat yang dapat mendistraksi lawan dan dapat memprovokasi pihak lawan. Pada penelitian ini juga ditemukan bahwa berkomunikasi secara virtual terdapat kelebihan dan kelemahannya masing-masing, serta tim Fortius tetap membutuhkan komunikasi langsung untuk membangun sinergi antar anggota tim.
| Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) | 
|---|---|
| Creators: | Christy, Stefanus (00000035656) | 
| Contributors: | Gita Elmada, Maria Advenita | 
| Keywords: | , Komunikasi Virtual, CMC, Strategi komunikasi, Fortius e-sport | 
| Subjects: | 300 Social Sciences | 
| Sustainable Development Goals: | Goal 17. Strengthen the means of implementation and revitalize the Global Partnership for Sustainable Development Goal 04. Ensure inclusive and equitable quality education and promote lifelong learning Goal 09. Build resilient infrastructure, promote inclusive and sustainable industrialization and foster innovation | 
| Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication | 
| Date Deposited: | 03 Jul 2023 09:52 | 
| URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/25574 | 
Actions (login required)
|  | View Item | 
 
            
               
               
              