Rancang Bangun Sistem Customer Relationship Management (CRM) Berbasis Web untuk Perusahaan Asuransi Jiwa

Caroline Theresia Limanauw, Giany (2023) Rancang Bangun Sistem Customer Relationship Management (CRM) Berbasis Web untuk Perusahaan Asuransi Jiwa. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (835kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (403kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (215kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18MB)

Abstract

Perkembangan teknologi yang terus berkembang dengan pesat telah membuat dunia menjadi semakin bergantung pada kehadiran teknologi. Dalam menghadapi hal tersebut, bisnis harus dapat beradaptasi dengan melakukan digitalisasi. Pada bisnis asuransi jiwa, salah satu proses bisnis utama yang terjadi adalah proses penjualan asuransi yang dilakukan oleh agen asuransi. Demi meningkatkan penjualan, perusahaan memerlukan sistem Customer Relationship Management (CRM) yang ditujukan untuk membantu agen mengelola prospek, target pribadi, beserta timnya. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah sistem CRM berbasis web yang dapat membantu agen perusahaan asuransi untuk mengelola prospek, target pribadi, beserta timnya. Perancangan website ini dilakukan dengan menggunakan metode Rapid Application Development (RAD). Tahapan yang dilakukan adalah pertama melakukan requirement planning melalui wawancara kepada user, kedua merancang user design menggunakan Unified Modeling Language (UML), ketiga mulai melakukan construction website menggunakan framework CodeIgniter 4, dan terakhir adalah tahap cutover yang menggunakan metode User Acceptence Testing (UAT). Hasil rancangan website ini telah diuji oleh beberapa user baik dari sisi agen dan juga sisi admin perusahaan. Kehadiran website ini dapat membantu para agen asuransi perusahaan untuk mengelola data prospek, memonitor aktivitas prospecting, mengelola aplikasi dan polis nasabah, mengatur target pribadi, dan memonitor performa agen dalam timnya. Pengujian website yang dilakukan melalui UAT memperoleh hasil maksimal yaitu 100%. Kedua sisi user telah menguji bahwa sistem yang dibangun telah berfungsi dengan baik dan dapat membantu menjawab permasalahan yang ada dalam perusahaan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Asuransi Jiwa, Customer Relationship Management, Rapid Application Development
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods > 006.7 Multimedia Systems, Blogs, Social Media, Web Application Frameworks
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Information System
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 03 Jul 2023 09:55
Last Modified: 10 Jul 2023 05:04
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/25594

Actions (login required)

View Item View Item