Pengukuran Tingkat Kapabilitas Sistem Tata Kelola Menggunakan Framework COBIT 2019 pada PT Kwadran Lima Indonesia

Brian Hardjadinata, Maximillian (2023) Pengukuran Tingkat Kapabilitas Sistem Tata Kelola Menggunakan Framework COBIT 2019 pada PT Kwadran Lima Indonesia. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (531kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (176kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (895kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (55kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini sangatlah penting dan memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap kehidupan individu maupun sekelompok individu. IT Governance merupakan sebuah konsep dasar yang berisikan mengenai tata kelola sistem informasi pada suatu perusahaan yang menyelaraskan bisnis dengan IT. IT Governance memiliki kerangka kerja COBIT untuk melakukan pengukuran tata Kelola TI. COBIT 2019 merupakan pembaruan dari COBIT 5. COBIT 2019 digunakan sebagai alat praktik untuk mengukur tingkat kapabilitas PT Kwadran Lima Indonesia. Pengukuran Kapabilitas dilakukan dengan melakukan wawancara seputar aktivitas COBIT, dengan menggunakan proses domain yang sudah ditentukan. Proses domain ditentukan menggunakan COBIT Design Toolkit Proses domain yang didapatkan adalah APO12-Managed Risk, BAI10-Managed Configuration, dan DSS03-Managed Problem. Ketiga domain ini memiliki kegunaannya masing- masing untuk memperbaiki masalah pada PT Kwadran Lima Indonesia. Pengukuran menggunakan proses domain dilakukan menggunakan wawancara berdasarkan RACI Chart. Setelah pengukuran didapatkan, maka selanjutnya diberikan rekomendasi berdasarkan hasil temuan yang didapatkan dari hasil penilaian. Temuan yang didapatkan adalah PT Kwadran Lima Indonesia masih banyak yang terdapat di level 2, dan target yang diinginkan adalah level 3, oleh sebab itu diberikan rekomendasi untuk membentuk atau merancang sebuah tim yang tugas dan tanggung jawabnya adalah merancang dan menerapkan metode pengumpulan klasifikasi dan analisis data terkait risiko TI, sehingga Perusahaan mampu mencapai level target yang diinginkan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Capability Level, COBIT 2019, IT Governance, Raci Chart
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods > 006.7 Multimedia Systems, Blogs, Social Media, Web Application Frameworks
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Information System
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 05 Jul 2023 09:54
Last Modified: 08 Jul 2023 07:17
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/25669

Actions (login required)

View Item View Item