Perancangan Kampanye Mengenai Pencegahan Kolesterol Tinggi pada Anak Obesitas Usia 6-12 Tahun

Mughni Ardiaranty, Lathaniya (2023) Perancangan Kampanye Mengenai Pencegahan Kolesterol Tinggi pada Anak Obesitas Usia 6-12 Tahun. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (795kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (443kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (135kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Hasil wawancara menunjukkan bahwa sekitar 20--30% anak usia sekolah dasar menderita kolesterol tinggi, dan sebagian besar dari mereka (90%) juga mengalami obesitas. Selama pandemi Covid-19, terjadi peningkatan kasus obesitas pada anak sekolah. Kurangnya pengetahuan dan informasi yang dimiliki oleh orang tua tentang obesitas pada anak menyebabkan penanganan yang terlambat dan berujung pada kolesterol tinggi pada anak. Penelitian menggunakan kuesioner pada orang tua anak usia sekolah dasar mengungkap bahwa pengetahuan tentang jenis dan kandungan makanan anak kurang mendapat perhatian. Orang tua pada umumnya memiliki pemahaman yang terbatas tentang gejala obesitas dan kolesterol pada anak. Oleh karena itu, penulis merancang kampanye dengan tujuan memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada orang tua tentang obesitas dan kolesterol tinggi pada anak. Kampanye ini bertujuan agar orang tua segera menyadari kondisi anak yang mengalami kelebihan berat badan dan obesitas, serta melakukan pemeriksaan kolesterol untuk mencegah risiko yang lebih besar. Dalam perancangan kampanye ini, penulis menggunakan metode rancangan Landa, termasuk pembuatan brief, profil persona, strategi kampanye, dan pesan kampanye. Metode kampanye yang diterapkan adalah AISAS. Penulis juga merancang key visual berdasarkan brainstorming untuk menentukan typeface, warna, elemen, dan layout.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Kampanye, Kolesterol Tinggi, Obesitas
Subjects: 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 05 Jul 2023 10:01
Last Modified: 04 Oct 2023 01:42
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/25703

Actions (login required)

View Item View Item