Rancang Bangun Sistem Pendukung Keputusan Rekrutmen Karyawan dengan Metode Topsis di PT Sinar Sentosa Primatama

Antonio, Lois (2023) Rancang Bangun Sistem Pendukung Keputusan Rekrutmen Karyawan dengan Metode Topsis di PT Sinar Sentosa Primatama. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (978kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (446kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (625kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (139kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

PT Sinar Sentosa Primatama merupakan perusahaan yang bergerak di bidang otomotif sebagai main dealer sepeda motor Honda Jambi. PT. Sinar Sentosa Primatama memiliki masalah pada bagian rekrutmen karyawan baru yaitu PT. Sinar Sentosa Primatama seringkali mengalami salah penilaian pada calon karyawan dikarenakan masih menggunakan cara konvensional dalam menentukan bobot calon karyawan seperti nilai IPK, tes tertulis, tes keahlian, hasil wawancara dan pengalaman kerja dikarenakan setiap bobot tidak sama antara satu dengan yang lain. DSS atau sistem penunjang keputusan adalah suatu sistem informasi untuk membantu manajer level menengah untuk proses pengambilan keputusan setengah terstruktur (semi structured) supaya lebih efektif dengan menggunakan model- model analitis dan data yang tersedia. Metode yang di gunakan pada penelitian ini adalah TOPSIS, Metode TOPSIS merupakan suatu metode penunjang keputusan yang dapat memberikan rekomendasi sesuai dengan kriteria. Kelebihan dari metode TOPSIS adalah komputasinya efisien, perhitungan komputasinya lebih efisien dan dan cepat. Langkah-langkah yang digunakan dalam metode TOPSIS adalah proses perhitungan matriks normalisasi, proses perhitungan matriks normalisasi terbobot, proses penentuan solusi ideal positif dan solusi ideal negatif, proses perhitungan jarak pisah setiap alternatif terhadap solusi ideal, dan proses perhitungan nilai preferensi setiap alternatif. Hasil dari penelitian ini adalah dengan penerapan sistem pendukung keputusan rekrutmen karyawan dengan metode TOPSIS dapat membantu PT. Sinar Sentosa Primatama dalam melakukan tahapan seleksi penerimaan calon karyawan baru secara cepat dan akurat. Serta hasil evaluasi sistem dengan metode User Acceptance Testing mendapatkan Nilai Rata-Rata sebesar 92 %.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: penerimaan karyawan, sistem pendukung keputusan , TOPSIS
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 003 Systems (Computer Modeling and Simulation)
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.3 Personnel, Staff, Employee, Human Resource Management, Training
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Information System
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 07 Jul 2023 09:46
Last Modified: 18 Jul 2023 00:16
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/25853

Actions (login required)

View Item View Item