Perancangan CRM System Menggunakan Artificial Intelligence untuk Meningkatkan Efektivitas High Volume Recruitment (Studi Kasus: SIRCLO)

Martini, Martini (2023) Perancangan CRM System Menggunakan Artificial Intelligence untuk Meningkatkan Efektivitas High Volume Recruitment (Studi Kasus: SIRCLO). Master Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (817kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (197kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Kini teknologi sudah meningkat pesat untuk mendukung efisiensi dan efektivitas dalam bekerja, salah satunya adalah artificial intelligence. Pemanfaatan teknologi berupa artificial intelligence kini membantu banyak industri pekerjaan salah satunya adalah talent acquisition. Talent acquisition di SIRCLO berperan penting di bagian perekrutan kandidat yang sesuai untuk mengembangkan bisnis perusahaan. Namun ketika jumlah permintaan pekerjaan tinggi dan jumlah pelamar kerja yang masuk, membuat situasi proses perekrutan bagian penyaringan kandidat menjadi rumit dan lama. Hal ini menjadi sebuah keharusan bagi talent acquisition untuk melakukan transformasi digital. Proses melakukan transformasi digital diawali dari tinjauan teori mengenai talent acquisition, artificial intelligence, dan candidate relationship serta melakukan pengukuran current state dari talent acquisition maturity model dari Jobvite. Proses pengukuran ini digunakan untuk menyusun strategi yang digunakan pada transformasi digital. Talent acquisition maturity model dari Jobvite dipilih sebagai pengukuran kematangan dikarenakan perusahaan memiliki kelebihan dalam dunia perekrutan dan sudah menggunakan teknologi artificial intelligence dalam proses rekrutmen. Hasil dari pengukuran menunjukkan bahwa pada dimensi applicant management rendah/Ad Hoc (1,83) sehingga mempunyai target kematangan di masa depan yang lebih tinggi/Integrated and Efficient (3,0). Pada perancangan transformasi digital ini, melalui candidate relationship management dengan teknologi artificial intelligence, talent acquisition dapat merasakan manfaat efisiensi berupa proses penyaringan kandidat yang lebih singkat dan akurasi kecocokan kandidat terhadap persyaratan pekerjaan.

Item Type: Thesis (Master Thesis)
Keywords: Artificial Intelligence, Candidate Relationship Management, rekrutmen, perekrutan jumlah tinggi
Divisions: Faculty of Business > Master of Technology Management
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 07 Jul 2023 09:53
Last Modified: 07 Jul 2023 10:53
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/25910

Actions (login required)

View Item View Item