Perancangan Aplikasi Penangkalan Impulsive Buying untuk Masyarakat Usia 25-39 Tahun

Widya Kumara William, Satria (2023) Perancangan Aplikasi Penangkalan Impulsive Buying untuk Masyarakat Usia 25-39 Tahun. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (573kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (596kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (193kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Kemajuan teknologi e-commerce membuat masyarakat melakukan segala aktivitas dari ponsel pintar, ini mengakibatkan masyarakat memiliki waktu senggang sehingga menimbulkan sifat konsumtif yang sama dengan pembelian impulsif. Impulsive Buying berbahaya karena akan membuat kebiasaan berbelanja, ini disebabkan adanya emosi positif yang membuat keluarnya hormon endorfin dan dopamin. Finansial pelaku pembelian impulsif juga akan terancam jika perilaku ini tidak bisa ditahan. Perilaku ini terkait erat dengan emosi pada orang-orang dan diperlukan solusi agar pelaku sadar akan emosi yang dirasakan. Maka dari itu peneliti melakukan perancangan aplikasi, sebab dapat mempersuasikan masyarakat dalam mengurangi pembelian impulsif dan pengguna smartphone di Indonesia mencapai 192,15 juta jiwa dari penduduk sebanyak 275an juta jiwa. Umur 25-39 tahun dipilih karena termasuk ke dalam kategori usia produktif dominan. Maka dari itu rumusan masalahnya adalah bagaimana merancang aplikasi yang bisa membantu dan efektif dalam mencegah perilaku impulsive buying pada masyarakat usia 25-39 tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah mixed-method meliputi wawancara ekspert, wawancara, studi eksisting, studi referensi, dan kuesioner. Hasil penelitian diharapkan untuk bisa membantu masyarakat dalam mengurangi perilaku impulsif.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Aplikasi, UI/UX, Pembelian Impulsif
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.5 Application / Software
700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 10 Jul 2023 09:45
Last Modified: 19 Oct 2023 00:12
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/25921

Actions (login required)

View Item View Item