Alfa Nugraha, Joel (2023) Analisis Sentimen Pengguna Twitter di Indonesia terhadap Kenaikan Harga BBM Menggunakan Algoritma Naïve Bayes. Bachelor Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
|
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (221kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_I.pdf Download (213kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_II.pdf Download (318kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_III.pdf Download (253kB) | Preview |
|
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (747kB) |
|
|
PDF
BAB_V.pdf Download (205kB) | Preview |
|
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Bahan bakar minyak merupakan salah satu sektor energi yang penting dalam perekonomian nasional. Namun pada 3 September 2022, harga bahan bakar minyak mengalami kenaikan di Indonesia. Hal ini mengundang banyak opini dan unggahan yang disalurkan ke platform-platform media sosial, salah satunya Twitter. Oleh karena itu, dilakukan penelitian yang bertujuan untuk melakukan klasifikasi sentimen dari opini masyarakat yang menggunakan Twitter sebagai media sosial terhadap kenaikan harga bahan bakar minyak. Untuk mencapai tingkat akurasi tertinggi, sentimen dibagi menjadi dua, yaitu sentimen positif dan sentimen negatif. Model yang digunakan untuk melakukan klassifikasi merupakan model dengan algoritma Na¨ive Bayes dengan Lexicon inset untuk melabeli sentimen data dan TF- IDF Vectorizer untuk mengukur relevansi kata. Dari penelitian ini didapatkan hasil klasifikasi terbaik pada model Complement Na¨ive Bayes yang memperoleh total akurasi sebesar 82% dengan precision sebesar 89%, recall sebesar 88%, dan f-1 score sebesar 89%.
Actions (login required)
![]() |
View Item |