Evaluasi dan Pengembangan Desain UI dan UX pada Website Erhastore Menggunakan Metode Evaluasi Heuristik

Jonathan Kristianto, Kevin (2023) Evaluasi dan Pengembangan Desain UI dan UX pada Website Erhastore Menggunakan Metode Evaluasi Heuristik. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (203kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (758kB)

Abstract

Di era perkembangan digital ini untuk dapat bersaing di dunia e-commerce, para pelaku usaha harus mampu mengembangkan website yang menarik, aman, dan mudah digunakan. Hal ini memerlukan kemampuan dan pengetahuan dalam bidang pengembangan website, termasuk desain, pengkodean, pengujian, dan optimasi. Salah satu perusahaan yang mulai bergerak di pasar digital adalah ERHA. Website Erhastore sendiri dibuat sebagai jawaban atas tingginya permintaan customer untuk dapat berbelanja online produk-produk ERHA tanpa resep atau sering disebut ERHA Over-The Counter products (ERHA OTC). Metode evaluasi heuristik adalah salah satu teknik evaluasi desain pada pengembangan sistem yang digunakan untuk mengevaluasi kualitas user interface dari suatu produk atau aplikasi dengan mengukur sejauh mana user interface tersebut memenuhi kriteria atau prinsip-prinsip desain yang telah ditentukan. Pada penelitian ini proses evaluasi berlangsung dalam 2 tahap yaitu evaluasi tahap 1 dan tahap 2. Evaluasi tahap 1 merupakan evaluasi awal pada website Erhastore untuk mengetahui beberapa permasalahan dari evaluator yang sedang bekerja. Setelah evaluasi tahap 1 maka dilakukan penilaian tahap 2 yaitu evaluasi lanjutan oleh evaluator setelah dilakukan perbaikan atas permasalahan yang diuraikan dalam evaluasi pada tahap 1. Hasil uji kepuasan responden dilakukan dengan menggunakan metode SUS. Dengan total responden sebanyak 35 orang, didapatkan total nilai sebanyak 87 yang termasuk kedalam grade B dengan kategori Good sehingga evaluasi dan pengembangan dari website Erhastore berhasil diimplementasikan dengan baik.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Erhastore, Evaluasi Heuristik, Severity Ratings, Skincare, Usability, Website E-commerce
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 004 Computer Science, Data Processing, Hardware > 004.6 Internet, Cloud Computing, Website, LAN, Email
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 11 Jul 2023 09:46
Last Modified: 09 Aug 2023 00:41
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/26038

Actions (login required)

View Item View Item