Konstruksi Sosial Gaya Hidup Penggemar Fashion Streetwear melalui Akun Instagram @urbansneakersociety

Nathanael, Rico (2023) Konstruksi Sosial Gaya Hidup Penggemar Fashion Streetwear melalui Akun Instagram @urbansneakersociety. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (526kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (138kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (115kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB)

Abstract

Streetwear atau dikenal juga dengan sebutan busana jalanan menjadi sebuah gaya/mode yang digemari oleh masyarakat di Indonesia bahkan dunia. Budaya musik hip hop serta olahraga seperti basket dan skateboard mengambil peranan yang sangat penting dalam perkembangan budaya busana jalanan di dunia. Fashion Streetwear sebagai gaya berpakaian juga turut mendapatkan pengaruh dari media sosial terhadap penggunaannya di masyarakat, salah satunya melalui media sosial Instagram. Instagram sebagai salah satu media paling populer di kalangan masyarakat membawa pengaruh yang kuat terhadap penggunaan fashion streetwear. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui informasi mengenai konstruksi sosial gaya hidup penggemar fashion streetwear melalui akun Instagram @urbansneakersociety. Adapun teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori konstruksi sosial atas realitas oleh Berger & Luckmann. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan konstruktivisme. Data dikumpulkan dengan melakukan wawancara mendalam kepada tiga orang followers akun Instagram @urbansneakersociety. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa ketiga partisipan menerima konstruksi sosial melalui tiga tahapan yakni eksternalisasi, objektivasi, dan internalisasi, di mana eksternalisasi merupakan tahap pertama seorang partisipan mengenal dan mendefinisikan tren fashion streetwear yang sedang berkembang di masyarakat secara bervariasi yang kemudian mendapatkan pengaruh dari lingkungan pertemanan dan media sosial Instagram Urban Sneaker Society sebagai realitas objektif yang ada di masyarakat dalam penggunaan fashion streetwear pada proses objektivasi. Selanjutnya, ketiga partisipan mulai menerima tren fashion streetwear karena banyak mendapatkan pengaruh dari media sosial dan lingkungan pertemanan dalam proses internalisasi.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Fashion Streetwear, Konstruksi Sosial, Instagram, Media Sosial, Gaya Hidup, Urban Sneaker Society
Subjects: ?? HD30 ??
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 11 Jul 2023 09:47
Last Modified: 11 Jul 2023 10:47
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/26045

Actions (login required)

View Item View Item