Perancangan Promosi Bisnis Ritel Yellow Kongs

Pangwindra, Vincent (2023) Perancangan Promosi Bisnis Ritel Yellow Kongs. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (34MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (211kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16MB)

Abstract

Yellow Kongs adalah usaha retail yang menyediakan produk dan jasa yang berlokasi di Bogor, Babakan Madang. Didirikan pada Februari 2020, Yellow Kongs mulai melayani kebutuhan masyarakat akan perangkat keras dan kebutuhan rumah tangga, seperti perkakas dan bahan bangunan, melalui platform daring pada pertengahan tahun 2020. Menjadi pendatang baru dibandingkan dengan pesaingnya, Yellow Kongs menghadapi tantangan dalam pertumbuhannya karena pengenalan merek yang terbatas di kalangan masyarakat. Kompetitor yang telah beroperasi sejak tahun 2016 ini sudah memasarkan produknya melalui berbagai jalur daring. Yellow Kongs menawarkan produk dan layanan custom delivery di wilayah Jabodetabek dengan fokus pada kebutuhan rumah tangga. Yellow Kongs mempertahankan hubungan pelanggan yang kuat, memastikan pengalaman berbelanja yang nyaman dan menyenangkan. Namun, kurangnya upaya pemasaran di luar platform e-commerce menghambat pertumbuhan Yellow Kongs. Pesaing telah memperluas jangkauan mereka di luar e-commerce, hal ini membuat Yellow Kongs sulit untuk mencapai target penjualan yang diinginkan dan menarik calon pelanggan baru. Meski demikian, Yellow Kongs berpotensi menarik pelanggan di luar saluran pemasaran yang ada. Saat ini Yellow Kongs melakukan promosi penjualan yang menyasar pelanggan setia, termasuk diskon dan promosi gratis. Terus berfokus pada pelanggan setia ini dapat menyebabkan ketidakseimbangan lebih lanjut dalam penjualan, perluasan pasar, dan kerugian operasional, yang berpotensi mengakibatkan penutupan bisnis. Untuk mengatasi tantangan ini, penulis mengusulkan untuk merancang promosi Yellow Kongs untuk menarik dan melibatkan pelanggan potensial baru, yang pada akhirnya dengan harapan meningkatkan pendapatan penjualan. Penulis menerapkan metode desain komunikasi visual seperti metode penelitian observasi, wawancara dan kuesioner dan perancangannya yang mengacu pada beberapa buku menurut ahli.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Visual Promosi, Bahan Bangunan, Kebutuhan Rumah Tangga, Desain Kebutuhan Ritel, Promosi Toko Online.
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce > 658.82 Sales Promotion
700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 11 Jul 2023 09:53
Last Modified: 05 Oct 2023 00:26
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/26088

Actions (login required)

View Item View Item