Pemaknaan Perempuan tentang Standar Kecantikan dalam Akun Media Sosial Instagram Scarlett Whitening (@Scarlett_Whitening)

Josevine Rinaldi, Natasha (2023) Pemaknaan Perempuan tentang Standar Kecantikan dalam Akun Media Sosial Instagram Scarlett Whitening (@Scarlett_Whitening). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (741kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (531kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (464kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (519kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (369kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Masyarakat Indonesia saat ini merasa standar kecantikan adalah mereka yang berkulit putih, bersih dan glowing. Banyak juga diantara para perempuan yang hanya memikirkan kecantikan menurut pandangan standar kecantikan yang dibentuk oleh umum dan melupakan bahwa kecantikan tergantung siapa yang memandangnya. Tujuan dari penelitian ini adalah pemaknaan perempuan tentang standar kecantikan dalam akun media sosial Instagram Scarlett Whitening (@scarlett_whitening). Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah reception theory. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dengan tipe penelitian kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah mahasiswa pengguna Scarlett Whitening dan merupakan follower Instagram Scarlett Whitening. Penelitian ini menggunakan data primer dengan teknik pengumpulan datanya adalah wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisa kualitatif dengan model interaktif. Partisipan memiliki preferensinya masing-masing mengenai penggunaan produk kecantikan yang sering digunakannya. Namun dari beberapa merk yang digunakan, ada kesamaan bahwa semua partisipan mengetahui dan pernah menggunakan Scarlett Whitening untuk skincarenya. Informasi yang didapatkan oleh informan penelitian terkait dengan produk kecantikan yang digunakan adalah dari media sosial. Pemaknaan perempuan tentang standar kecantikan dalam akun media sosial Instagram Scarlett Whitening (@scarlett_whitening) dalam penelitian ini menunjukkan adanya penerimaan dari ketiga partisipan mengenai tema kulit yang putih adalah cantik dari Scarlett Whitening. Namun berdasarkan reception theory, dari tiga partisipan, dua partisipan melakukan pemaknaan dari posisi dominan sementara satu orang partisipan melakukan pemaknaan dari posisi negosiasi.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: standar kecantikan, media sosial, pemaknaan, scarlett whitening
Subjects: ?? HD30 ??
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 12 Jul 2023 09:46
Last Modified: 12 Jul 2023 10:46
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/26110

Actions (login required)

View Item View Item