Pengaruh Akun Media Sosial Instagram @Coppamagz terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Penggemar Kpop

Anggelee, Nara (2023) Pengaruh Akun Media Sosial Instagram @Coppamagz terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Penggemar Kpop. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (265kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (646kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (115kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Fenomena Gelombang Korea yang berkembang pesat di Indonesia menyebabkan tidak sedikitnya masyarakat Indonesia yang mulai menyukai segala hal yang berhubungan dengan Korea, salah satunya yaitu idola Pop Korea. Sebagai seorang penggemar yang membutuhkan informasi terkait Pop Korea, akses melalui media sosial sangat diperlukan dan salah satu portal penyedia berita Pop Korea terbaru dan lengkap di Instagram adalah @Coppamagz. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari konten Pop Korea pada Instagram @Coppamagz terhadap pemenuhan kebutuhan informasi penggemar Pop Korea. Penelitian ini menggunakan teori Penggunaan dan Pemenuhan Kebutuhan yang menjelaskan bahwa khalayak memiliki tujuan dalam menggunakan media serta konsep media sosial Solis dalam Hidayah & Esfandari (2019) dan konsep pemenuhan kebutuhan informasi Guha dalam Puspitadewi, dkk. (2016). Dengan menggunakan jenis penelitian kuantitatif yang bersifat eksplanatif, penelitian ini dibantu dengan menggunakan metode survei melalui penyebaran kuesioner kepada 120 sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konten Pop Korea pada Instagram @Coppamagz memberikan pengaruh sebesar 87,4% kepada pemenuhan kebutuhan informasi penggemar Pop Korea, sedangkan 12,6% lainnya dipengaruhi oleh faktor di luar penelitian ini.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Gelombang Korea, Media Sosial, Penggunaan dan Pemenuhan Kebutuhan, Pemenuhan Kebutuhan Informasi, Pop Korea
Subjects: ?? HD30 ??
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 13 Jul 2023 09:45
Last Modified: 13 Jul 2023 10:45
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/26177

Actions (login required)

View Item View Item