Pemanfaatan Aplikasi Tiktok sebagai Media Personal Branding (Studi Kasus pada Akun @dr.mariojohan)

Leovanka, Josephine (2023) Pemanfaatan Aplikasi Tiktok sebagai Media Personal Branding (Studi Kasus pada Akun @dr.mariojohan). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (709kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (65kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (53kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB)

Abstract

Banyak akun TikTok yang membagikan ceritanya sebagai penderita HIV/AIDS di tengah masyarakat. Diketahui bahwa pemilik akun TikTok sebagai penderita HIV/AIDS bahkan pernah disumpahi akan menjadi sampah masyarakat karena penyakit HIV/AIDS yang diidapnya. Stigma negatif yang timbul di masyarakat ini memicu ODHA menarik diri dari masyarakat, merahasiakan masalahnya, kurang berinteraksi, hingga dapat memicu depresi berlebihan yang menimbulkan pikiran untuk bunuh diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengungkapan diri orang dengan HIV/AIDS (ODHA) melalui akun tiktok. Penelitian ini menggunakan paradigma post-positivistisme. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode yang digunakan adalah metode studi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah interactive model. Hasil penelitian menyatakan proses pengungkapan diri orang dengan HIV/AIDS (ODHA) melalui TikTok dilakukan secara terbuka dengan menyatakan identitasnya sebagai ODHA dan konten-konten yang mengandung unsur edukasi mengenai virus HIV dan motivasi yang diberikan kepada para sesama ODHA. Namun, ODHA telah melakukan pengungkapan diri dalam kehidupan sehari-harinya kepada orang terdekat dan keluarganya dan mereka cenderung menerima keadaan partisipan dan memberikan dukungan kepada partisipan. ODHA bersikap jujur dalam melakukan pengungkapan diri dan informasi yang diungkapkan ODHA karena tujuannya untuk edukasi, menyalurkan hobi dan ekspresi diri. Strategi dalam pengungkapan diri dilakukan secara positif. Dampak dan manfaat orang dengan HIV/AIDS (ODHA) mengungkapkan diri melalui TikTok pengetahuan diri dan kedalaman hubungan khususnya dengan sesama ODHA. Disamping itu, dampak negatif yang diterima adalah berupa kesulitan dalam keterbukaan di akun TikTok. Risiko penolakan sosial dari dampak pengungkapan diri yang dilakukan orang dengan HIV tidak terlalu dipedulikan karena lebih banyak orang yang mendukungnya.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: ODHA, TikTok, Pengungkapan Diri Studi Komunikasi Pengungkapan..., Josephine Leovanka, Universitas Multimedia Nusantara
Subjects: ?? HD30 ??
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 19 Jul 2023 09:43
Last Modified: 19 Jul 2023 10:44
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/26234

Actions (login required)

View Item View Item