Anthropocentrism Perubahan Iklim di Media Sosial: Studi pada #krisisiklim di Twitter

Olani Zebua, Citra (2023) Anthropocentrism Perubahan Iklim di Media Sosial: Studi pada #krisisiklim di Twitter. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (423kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (233kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (204kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (745kB)

Abstract

Perubahan iklim adalah isu lingkungan yang telah menjadi topik perbincangan seluruh dunia. Adanya upaya pemerintah, NGO nasional maupun internasional, ilmuwan, politisi dan masyarakat dalam menanggulangi krisis iklim. Media sosial digunakan khalayak untuk menyebarkan informasi dan menjadi platform untuk berdiskusi perihal perubahan iklim . Tujuan penelitian ini adalah menganalisis tagar #krisisiklim di media sosial Twitter, guna mencari tahu masterframe climate change apa tweets tersebut, dan apa masterframe dari perubahan iklim. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang menggunakan metode analisis isi. Pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan data dari penggunaan #krisisiklim di media sosial Twitter periode dalam periode satu tahun. Hasil yang diperoleh adalah pengkodean dari tweets penggunaan #krisisiklim didominasi oleh pandangan Anthropocentrism, adanya kegiatan yang dilakukan oleh kelompok 'elit' berdampak negatif terhadap masyarakat dan lingkungan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Masterframe dari perubahan iklim adalah Anthropocentrism yang disebabkan oleh perlakuan kelompok 'elit' dalam menggunakan sumber daya alam dan tidak bertanggung jawab.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Climate Change Communication, Perubahan Iklim, Anthropocentrism , Media Sosial, Tagar
Subjects: ?? HD30 ??
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2023 09:46
Last Modified: 20 Jul 2023 10:46
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/26260

Actions (login required)

View Item View Item