Strategi Pesan Emotional Appeals pada Media Sosial Instagram @donasibarang

Natalia, Lidya (2023) Strategi Pesan Emotional Appeals pada Media Sosial Instagram @donasibarang. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (681kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (777kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (814kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (756kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (729kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Strategi pesan emotional appeals sekarang ini digunakan lembaga sosial untuk mempersuasi audience dengan cara menyentuh emosi sehingga audience tergerak untuk melakukan donasi. Salah satu lembaga sosial yang menggunakan strategi pesan emotional appeals adalah Donasi Barang dalam akun media sosial Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kecenderungan strategi pesan emotional appeals yang dilakukan oleh akun media sosial Instagram @donasibarang. Konsep yang digunakan adalah strategi pesan emotional appeals, faktor-faktor pesan, dan komunikasi persuasif. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode analisis isi. Populasi yang diambil mencangkup semua postingan yang ada dalam akun instagram @donasibarang periode Maret 2020 hingga Februari 2022 dengan total sampling sebanyak 860. Data dianalisis menggunakan lembar coding berdasarkan kategori yang telah ditetapkan. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Donasi Barang lebih cenderung menggunakan strategi emotional appeals dimensi guilt appeal dengan frekuensi penggunaan sebanyak 621. Melalui kontennya, @donasibarang mempersuasi pemikiran audience dengan melibatkan emosi untuk mendorong adanya perubahan sikap dari audience, yaitu untuk melakukan donasi.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Strategi Pesan, Emotional appeals, Faktor-faktor Pesan, Komunikasi Persuasif, Donasi Barang
Subjects: ?? HD30 ??
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2023 09:51
Last Modified: 20 Jul 2023 10:51
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/26314

Actions (login required)

View Item View Item