Natalia, Lidya (2023) Strategi Pesan Emotional Appeals pada Media Sosial Instagram @donasibarang. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
|
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (258kB) | Preview |
|
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (681kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_I.pdf Download (777kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_II.pdf Download (814kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_III.pdf Download (756kB) | Preview |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
|
PDF
BAB_V.pdf Download (729kB) | Preview |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Strategi pesan emotional appeals sekarang ini digunakan lembaga sosial untuk mempersuasi audience dengan cara menyentuh emosi sehingga audience tergerak untuk melakukan donasi. Salah satu lembaga sosial yang menggunakan strategi pesan emotional appeals adalah Donasi Barang dalam akun media sosial Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kecenderungan strategi pesan emotional appeals yang dilakukan oleh akun media sosial Instagram @donasibarang. Konsep yang digunakan adalah strategi pesan emotional appeals, faktor-faktor pesan, dan komunikasi persuasif. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode analisis isi. Populasi yang diambil mencangkup semua postingan yang ada dalam akun instagram @donasibarang periode Maret 2020 hingga Februari 2022 dengan total sampling sebanyak 860. Data dianalisis menggunakan lembar coding berdasarkan kategori yang telah ditetapkan. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Donasi Barang lebih cenderung menggunakan strategi emotional appeals dimensi guilt appeal dengan frekuensi penggunaan sebanyak 621. Melalui kontennya, @donasibarang mempersuasi pemikiran audience dengan melibatkan emosi untuk mendorong adanya perubahan sikap dari audience, yaitu untuk melakukan donasi.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Strategi Pesan, Emotional appeals, Faktor-faktor Pesan, Komunikasi Persuasif, Donasi Barang |
Subjects: | ?? HD30 ?? |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 20 Jul 2023 09:51 |
Last Modified: | 20 Jul 2023 10:51 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/26314 |
Actions (login required)
View Item |