Analisis Motif Penggunaan dan Tingkat Kepuasan Pengguna Netflix Indonesia (Survei pada Pengikut Akun Instagram @Netflixid)

Kenesha Wijaya, Kayla (2023) Analisis Motif Penggunaan dan Tingkat Kepuasan Pengguna Netflix Indonesia (Survei pada Pengikut Akun Instagram @Netflixid). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (502kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (502kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (543kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (208kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Pada abad ke-21 ini, segala hal perlahan mulai bertransformasi ke era digital praktis, salah satunya yaitu dengan menonton acara TV dan film melalui HP, tablet, dan PC. Netflix merupakan salah satu platform atau media streaming berbayar (SVoD) yang terkenal di dunia dan menjadi peringkat 1 dengan 69% suara dari 1,000 pengguna SVoD media streaming di Indonesia pada tahun 2022 berdasarkan survei yang dilakukan oleh KataData.com. Penelitian ini menggunakan teori Uses & Gratification untuk melihat bagaimana pengaruh sebuah media terhadap penggunanya, secara spesifik ingin mengetahui bagaimana tingkat kepuasan pengguna ketika menggunakan media. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana hubungan antara motif penggunaan dan tingkat kepuasan pengguna Netflix di Indonesia khususnya pada pengikut akun Instagram @Netflixid. Teori dan konsep yang digunakan pada penelitian ini adalah Uses & Gratification, Gratification Sought & Gratification Obtained, Netflix, dan Instagram. Penelitian ini dilakukan dengan metodologi kuantitatif deskriptif. Teknik sampling pada penelitian ini menggunakan metode purposive sampling pada pengikut akun Instagram @Netflixid. Penelitian ini dilakukan dengan penyebaran survei melalui kuesioner kepada 300 sampel dengan beberapa kriteria sesuai yang kemudian diolah dengan software SPSS 26. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu uji normalitas, uji korelasi, serta uji Paired T-test. Hasilnya didapatkan bahwa adanya hubungan antara variabel motif penggunaan dan tingkat kepuasan sebesar 0,865 termasuk pada kategori sangat kuat. Dimensi yang paling mendominasi dalam penelitian ini yaitu Hiburan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah motif penggunaan dan tingkat kepuasan pengguna Netflix di Indonesia memiliki hubungan positif dan sangat kuat terutama bagi para pengikut akun Instagram @Netflixid.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Netflix, Motif Penggunaan, Tingkat Kepuasan, Uses & Gratification, Instagram.
Subjects: ?? HD30 ??
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2023 09:51
Last Modified: 20 Jul 2023 10:51
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/26315

Actions (login required)

View Item View Item