Pengaruh Pesan Kampanye "Berkain Gembira" terhadap Sikap Generasi Z dalam Berbusana Menggunakan Kain Tradisional

Frida Hutagalung, Ester (2023) Pengaruh Pesan Kampanye "Berkain Gembira" terhadap Sikap Generasi Z dalam Berbusana Menggunakan Kain Tradisional. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (683kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (557kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (288kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (166kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Swara Gembira adalah komunitas anak muda Indonesia yang ingin melestarikan kembali budaya Indonesia. Salah satunya cara yang dilakukan adalah membentuk kampanye Berkain Gembira, di mana kampanye tersebut bertujuan untuk mengajak anak muda Indonesia menggunakan kain tradisional di kegiatan sehari-hari. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pesan kampanye Berkain Gembira terhadap sikap menggunakan kain. Penelitian ini menggunakan teori Elaboration Likelihood Method, dengan konsep utama yaitu pesan kampanye dan sikap. Pada penelitian ini jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif eksplanatif yang bersifat deskripsi dengan menggunakan metode survei atau angket sebagai alat pengumpulan data. Kuesioner akan menggunakan Google Form yang disebarkan kepada 150 responden yang mengikuti Instagram @remajanusantara_ dan mengetahui kampanye Berkain Gembira. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan uji hipotesis yang akan diuji menggunakan uji regresi linear sederhana. Hasil Penelitian menunjukkan jika terdapat pengaruh antara pesan kampanye Berkain Gembira terhadap sikap Generasi Z menggunakan kain tradisional dalam kegiatan sehari-hari. Besar pengaruh yang didapatkan yaitu 23.8%. Kesimpulan dari penelitian yaitu pesan kampanye Berkain Gembira memiliki pengaruh terhadap sikap penggunaan kain tradisional, di mana dalam pesan kampanye tersebut mencakup struktur pesan, konten pesan, framing dan bahasa.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Pesan Kampanye, Sikap, Elaboration Likelihood Method, Berkain Gembira
Subjects: ?? HD30 ??
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2023 09:51
Last Modified: 20 Jul 2023 11:01
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/26321

Actions (login required)

View Item View Item