Tania, Cindy (2023) Motif Penggunaan Akun Youtube Kimbab Family sebagai Pemenuhan Kebutuhan Pembelajaran Budaya Komunikasi Korea Selatan. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
|
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (730kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_I.pdf Download (674kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_II.pdf Download (737kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_III.pdf Download (775kB) | Preview |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (870kB) |
||
|
PDF
BAB_V.pdf Download (660kB) | Preview |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Fenomena budaya Korea Selatan semakin menyebar secara luas di Indonesia melalui media sosial. Salah satunya akun Youtube Kimbab Family yang menampilkan budaya komunikasi Korea Selatan yang dibuat oleh pasangan antara orang Indonesia dan Korea Selatan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui motif dan pemenuhan kebutuhan pembelajaran budaya komunikasi Korea Selatan khalayak dari penggunaan akun Youtube Kimbab Family. Penelitian ini menerapkan teori Uses and Gratifications, yang mengkaji tentang motif penggunaan media dan pemenuhan kebutuhan khalayak. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatif dengan metode survei. Sampel diambil secara purposive sampling berjumlah 203 responden yang merupakan subscribers Kimbab Family. Data dikumpulkan melalui kuesioner online dan dianalisis menggunakan uji paired sample t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan akun Youtube Kimbab Family telah mampu memenuhi kebutuhan pembelajaran budaya komunikasi Korea Selatan bagi para subscribers. Namun, bila dilihat pada setiap dimensi, akun Youtube Kimbab Family hanya memenuhi kebutuhan subscribers pada dimensi kognitif, afektif, integrasi personal, dan integrasi sosial. Sedangkan, belum memenuhi kebutuhan pada dimensi pelepasan. Kontribusi penelitian ini untuk mengembangkan teori uses and gratifications pada media sosial Youtube dan sebagai tinjauan atau masukan bagi Kimbab Family untuk perancangan konten ke depannya.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Uses and gratifications, budaya komunikasi Korea Selatan, Youtube |
Subjects: | ?? HD30 ?? |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 20 Jul 2023 09:53 |
Last Modified: | 20 Jul 2023 10:53 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/26339 |
Actions (login required)
View Item |