Strategi Community Relations dalam Membangun Brand Engagement pada Audience Baru (Studi Kasus Online Community melalui Discord NFT Kompas oleh Harian Kompas)

Layardi, Hendy (2023) Strategi Community Relations dalam Membangun Brand Engagement pada Audience Baru (Studi Kasus Online Community melalui Discord NFT Kompas oleh Harian Kompas). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (103kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (69kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pertumbuhan teknologi di era digital saat ini begitu cepat dan signifikan, mempengaruhi berbagai aspek dalam kehidupan. Kemajuan teknologi tersebut pun diiringi dengan adanya adopsi teknologi yang semakin maju, salah satunya adalah teknologi non-fungible token (NFT) yang merupakan bagian dari jaringan web3. NFT sendiri tumbuh dengan cepat dan menjadi topik perbincangan hangat di Indonesia melalui jaringan komunitas yang luas. Harian Kompas sebagai salah satu media terbesar dan berdiri lebih dari 57 tahun di Indonesia tidak ingin ketinggalan dengan memperkenalkan dan membentuk komunitas NFT melalui Narasi Fakta Terkurasi Kompas (NFT Kompas). Dengan membangun relasi dengan komunitas (community relations), Harian Kompas menjaring audience baru agar bisa tetap relevan dengan perubahan zaman. Karena itu, tujuan penelitian ini adalah mengetahui strategi community relations yang oleh Lakin & Scheubel (2017) disebut juga sebagai community involvements, khususnya dalam membangun brand engagement pada audience baru menggunakan studi kasus dari online community NFT Kompas di kanal Discord. Penelitian berjenis kualitatif dengan metode studi kasus deskriptif ini menggunakan teknik pengumpulan data yang diperoleh dari wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menjabarkan bahwa NFT Kompas telah menerapkan strategi community involvement dalam membentuk komunitasnya. Dari data yang didapat juga ditunjukan bagaimana strategi serta program komunitas yang dibentuk memiliki kaitan dalam membangun brand engagement khususnya pada audience baru dari NFT Kompas di kanal Discord.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Audience Baru, Brand Engagement, Community Involvements, Community Relations, Narasi Fakta Terkurasi Kompas (NFT Kompas), Online Community.
Subjects: ?? HD30 ??
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2023 09:55
Last Modified: 20 Jul 2023 11:10
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/26361

Actions (login required)

View Item View Item