Motif dan Kepuasan Gen Z dalam Menggunakan TikTok sebagai Secondary Search Engine

Budi Utami, Pertiwi (2023) Motif dan Kepuasan Gen Z dalam Menggunakan TikTok sebagai Secondary Search Engine. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (645kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (206kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (110kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

TikTok saat ini menjadi salah satu media sosial yang populer di Indonesia maupun dunia. Aplikasi yang berbasis video pendek ini diminati mulai dari anak muda sampai dewasa. Selain digunakan sebagai media untuk bersosialisasi, saat ini banyak pula orang yang menggunakan TikTok untuk mencari informasi. Berdasarkan fenomena tersebut, penelitian ini ingin mengetahui bagaimana motif dan kepuasan generasi Z dalam menggunakan TikTok sebagai secondary search engine dengan menggunakan teori uses and gratification dengan dua variabel turunannya yaitu gratification sought sebagai variabel X dan gratification obtained sebagai variabel Y. Terdapat empat dimensi yang digunakan, yaitu kognitif, afektif, integrasi sosial, dan integrasi individu. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif bersifat eksplanatif dan metode survei yang menggunakan sampel sebanyak 150 responden. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan secara daring. Analisis data menggunakan analisis inferensial dan diuji menggunakan uji T. Hasil dari penelitian menunjukkan jika TikTok sebagai secondary search engine baru memenuhi integrasi sosial bagi generasi Z. Namun, dari segi kognitif, afektif, dan integrasi individu TikTok sebagai secondary search engine belum memenuhi ekspektasi gen Z.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: TikTok, Motif, Kepuasan, Media Sosial.
Subjects: ?? HD30 ??
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2023 09:59
Last Modified: 20 Jul 2023 10:59
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/26393

Actions (login required)

View Item View Item