Evaluasi dan Penilaian Tata Kelola IT pada Perusahaan Penerbangan PT. XYZ

Pascalino Susanto, Arya (2023) Evaluasi dan Penilaian Tata Kelola IT pada Perusahaan Penerbangan PT. XYZ. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (775kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (510kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (314kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (902kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (194kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (910kB)

Abstract

Perusahaan atau organisasi pada masa ini memerlukan teknologi informasi atau yang disingkat TI agar dapat memberikan efek positif terhadap perusahaan atau organisasi seperti meningkatnya keuntungan, keamanan data, dll IT yang semakin berkembang perannya dalam perusahaan atau organisasi harus memberikan dampak yang baik karena instansi terkait pastinya melakukan investasi untung pengembangan TI sesuai perkembangan kebutuhan yang semakin besar. IT Governance atau Tata Kelola TI merupakan bagian dalam pengelolaan tata kelola TI di perusahaan atau organisasi yang memiliki fokus terhadap sector bisnis dan juga teknologi informasi. Tata kelola TI (IT Governance) adalah sebuah cara yang digunakan oleh pemangku kepentingan dalam membuat keputusan. Dalam mengelola sebuah system Teknologi dan Informasi di perusahaan PT. XYZ, perusahaan sudah mengimplementasikan tata kelola TI seperti : Manajemen dan Operasional IT. Untuk menciptakan proses bisnis dan tata kelola IT yang baik. Good Governance perusahaan dapat menggunakan Teknologi dan Informasi. Framework COBIT 2019 merupakan versi terbaru dari COBIT 5 yang dikembangkan oleh ISACA. Didalam COBIT 19 terdapat instruksi ­ instruksi yang dapat digunakan oleh auditor yang mengandung aktivitas yang dapat digunakan perusahaan dalam memperoleh tujuan bisnis perusahaan dengan menerapkan domain yang berfokus pada Framework, APO12 ­ Managed Risk, APO13 ­ Managed Security, dan APO 14 ­ Managed data. Hasil yang didapatkan persahaan pada bagian management risk policy yang diimplementasikan dengan domain APO12, APO13. APO12 di PT.XYZ mendapat nilai sebesar 94,2 untuk APO13 sebesar 92. Sedangkan untuk domain APO14 mendapat nilai sebesar 64. Didapatkan pula hasil kapabilitas untuk setiap domain yaitu level 5 untuk domain APO12, APO13 yang berarti proses sudah mencapai tujuan yang diharapkan dan perusahaan selalu mengimprove proses tersebut dan level 3 untuk domain APO14 yang dimana perusahaan sudah mencapai tujuan dari proses dan dilakukan dengan baik.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: COBIT 5, COBIT 2019, ISACA , IT GOVERNANCE.
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 004 Computer Science, Data Processing, Hardware > 004.2 Systems Analysis and Design, Information Architecture, Performance Evaluation
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Information System
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 22 Jul 2023 09:44
Last Modified: 03 Aug 2023 02:22
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/26411

Actions (login required)

View Item View Item