Motif dan Kepuasan Masyarakat Tangerang dalam Penggunaan Media Sosial Instagram @abouttng

Nilalfara Mega Utomo, Shalfa (2023) Motif dan Kepuasan Masyarakat Tangerang dalam Penggunaan Media Sosial Instagram @abouttng. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (785kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (561kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (465kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (528kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (517kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (424kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (945kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh munculnya berbagai Instagram wilayah sebagai wadah informasi untuk masyarakat sekitar. Akun Instagram @abouttng adalah salah satu Instagram wilayah yang dibuat untuk menyediakan informasi seputar wilayah Tangerang dan sekitarnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi yang dimiliki masyarakat Tangerang guna memenuhi kebutuhan informasinya melalui akun Instagram @abouttng. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yakni Uses and Gratification theory yang mencakup Gratification Sought dan Gratification Obtained dengan tujuan untuk mengidentifikasi kesenjangan antara motif dan kepuasan penggunaan pada media sosial Instagram. Untuk itu akan diUji perbedaan pemenuhan kebutuhan informasi berdasarkan motif penggunaan pada akun Instagram @abouttng. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan bersifat eksplanatif dengan metode survei. Sampel yang digunakan sebanyak 200 responden secara purposive sampling dan merupakan followers aktif akun @abouttng, dengan pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner online dan dianalisis menggunakan uji paired samples t-test. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa variabel Motif Penggunaan (Gratification Sought), mean yang didapatkan adalah 44.73. Sedangkan untuk variabel Kepuasan (Gratification Obtained), mean yang didapatkan adalah 45.03. Kesimpulan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa akun @abouttng secara keseluruhan maupun pada dimensi informasi belum cukup memenuhi kebutuhan masyarakat. Sedangkan pada dimensi integrasi dan interaksi sosial, akun ini telah memenuhi kepuasan masyarakat Tangerang.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Instagram, Masyarakat Tangerang, Teori Uses and Gratification
Subjects: ?? HD30 ??
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 22 Jul 2023 09:45
Last Modified: 22 Jul 2023 10:45
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/26424

Actions (login required)

View Item View Item