Peran Asset Illustrator dalam pembuatan aset Animasi 2D Bumper Almanac di Virtuosity Internship Program

Wahdania Suha, Winda (2023) Peran Asset Illustrator dalam pembuatan aset Animasi 2D Bumper Almanac di Virtuosity Internship Program. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (644kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB)
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (260kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB)

Abstract

Animasi adalah salah satu media penceritaan visual yang dapat dibuat secara manual di atas kertas ataupun dengan media digital dalam bentuk 2D atau 3D. Di era digital ini, permintaan atas animasi digital terus berkembang dan meningkat dan salah satunya dalam industri animasi 2D. Di zaman modern, animasi 2D banyak dikenal melalui distribusi Anime Jepang atau animasi 2D pada animasi seri Amerika seperti Steven Universe, Gravity Falls, dan The Owl House. Kini pembuatan animasi 2D dapat dicapai melalui berbagai cara dan dua teknik yang paling dikenal adalah Frame by Frame dan Cut-Out. animasi Frame by Frame dibuat dengan mengambar langsung di frame, dengan key frame sebagai penanda gerakan atau menggunakan metode Straight-Ahead tampa menggunakan key frame. Berbeda dengan Frame by Frame, Cut-Out 2D adalah animasi yang dibuat dengan menggerakan aset bagai pertunjukan permainan Wayang dengan bagian tubuh yang dipisah-pisah dan di beri pivot atau engsel pada bagian sendi. Sebelum dianimasikan oleh Animator, aset dibuat oleh tim Asset Illustrator dalam bentuk Vector ataupun Bitmap dan umumnya dibuat dengan software Adobe Illustrator, Adobe Photoshop, Clip Studio Paint, Toon Boom, dan software illustrasi atau desain lainya. Namun perkerjaan sebagai Asset Illustrator masih kurang jika dibandingkan dengan jumlah peminat perkerjaan sebagai animator. Meskipun begitu, Asset Illustrator memiliki peran penting untuk menghasilakan aset animasi dengan visual yang sesuai dan menarik. Maka dari itu, penulis memilih perkerjaan sebagai Asset Illustrator agar mendapatkan gambaran lebih luas serta pengalaman kerja nyata dan mengerti alur kerja seorang Asset Illusrator melalui magang di Virtuosity Internship Program untuk karya bumper ALMANAC.

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: Asset Illustrator, Animasi 2D, Virtuosity Internship Program, AlMANAC, animasi.
Subjects: 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures)
700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
700 Arts and Recreation > 770 Photography, Computer Art, Film, Video > 777 Cinematography (Incl. Animation Film / Movie; Animated cartoons)
Divisions: Faculty of Art & Design > Film & Animation
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 22 Sep 2023 12:38
Last Modified: 18 Oct 2023 00:06
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/26536

Actions (login required)

View Item View Item