Rancang Bangun Sistem Enterprise Resource Planning Berbasis Website Modul Purchasing, Inventory dan Production pada PT Cranium Royal Aditama

Necoles, Necoles (2023) Rancang Bangun Sistem Enterprise Resource Planning Berbasis Website Modul Purchasing, Inventory dan Production pada PT Cranium Royal Aditama. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (195kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB)

Abstract

ERP atau Enterprise Resource Planning merupakan sebuah software yang menggabungkan beberapa aktivitas bisnis ke sebuah sistem sehingga mempermudah menjalankan sebuah bisnis. ERP sendiri sudah banyak disediakan oleh berbagai perusahaan. Hal ini juga mendorong PT Cranium Royal Aditama sebagai penyedia solusi digital untuk menyediakan sistem ERP. Saat ini, Cranium sudah memiliki ERP yang berbasis .NET sebagai produknya. Namun, supaya produknya tetap relevan untuk masa mendatang, Cranium melakukan pembaharuan dengan membuat sistem ERP baru yang berbasis Java Spring Boot. Sistem ERP yang dibangun menggunakan arsitektur modular monolith dan setiap modul- modul yang ada dibagikan kepada beberapa tim. Dalam tim sendiri, pekerjaan submodul dibagi untuk setiap anggota tim. Penulis sendiri mendapat bagian untuk mengerjakan purchase request dan purchase order return dari modul purchasing, item withdraw dan item receipt dari modul inventory, dan order item receipt dari modul production. Pengembangan sistem ERP diawali dengan pembuatan ERD atau Entity Relation Diagram untuk setiap modul serta submodul di dalamnya. Setelah itu dilakukan pembuatan API untuk method create, read, update, delete dan find all. Setelah API selesai dikerjakan, dilakukan pengetesan API tersebut melalui API platform seperti Postman. Selain pengetesan API melalui Postman, pembuatan unit test di dalam program juga dikerjakan supaya dapat meminimalisasi bug yang dapat terjadi. Selama pelaksanaan magang di PT Cranium Royal Aditama, penulis sudah merancang ERD untuk modul purchasing, inventory dan production. Selain itu, penulis juga sudah membuat method CRUD dan find all untuk submodul di dalam modul tersebut. Sistem ERP yang dibuat selama pelaksanaan magang belum sepenuhnya selesai karena belum diterapkannya business logic dan belum adanya UI atau user interface yang dapat digunakan oleh pengguna secara nyaman. Namun, untuk method create, read, update, delete dan find all sudah dapat digunakan dengan lancar menggunakan API platform seperti Postman.

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: API, CRUD, ERP, Java Spring Boot
Subjects: ?? T58.5-58.64 ??
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 22 Sep 2023 15:38
Last Modified: 22 Sep 2023 16:39
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/26586

Actions (login required)

View Item View Item