Implementasi Program-Program Engagement pada Departemen Culture & Employee Engagement di PT. Indah Kiat Pulp & Paper Tbk

Virginia, Chelsia (2023) Implementasi Program-Program Engagement pada Departemen Culture & Employee Engagement di PT. Indah Kiat Pulp & Paper Tbk. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (950kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (768kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (546kB)
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (339kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB)

Abstract

PT. Indah Kiat Pulp & Paper Tbk merupakan perusahaan yang bergerak di industri pulp dan kertas. PT. Indah Kiat Pulp & Paper merupakan bagian dari lini bisnis Asia Pulp & Paper yang dinaungi oleh Sinar Mas Group. Employee engagement merupakan salah satu faktor penting yang menunjang kenyamanan karyawan dalam bekerja. Jika karyawan tidak merasa nyaman baik dengan pekerjaan maupun lingkungan sekitarnya, maka tingkat performa kerja karyawan juga akan berpengaruh buruk. Dalam praktik kerja magang, penulis melakukan beberapa kegiatan yang berkaitan dengan penerapan employee engagement dalam perusahaan dan kegiatan-kegiatan yang mendukung Tzu Chi Sinar Mas yang merupakan salah satu program CSR (Corporate Social Responsibility) Asia Pulp & Paper Sinar Mas. Secara keseluruhan, penerapan program-program employee engagement dan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan Tzu Chi Sinar Mas sudah diterapkan dengan cukup baik. Namun, penulis menemukan beberapa kendala yang mana perusahaan perlu menekankan pemahaman terkait program-program employee engagement sehingga karyawan pun akan antusias dalam berpartisipasi di program tersebut. Selain itu, penggunaan teknologi seperti online form untuk membantu proses perekapan data yang sebelumnya masih menggunakan formulir kertas agar meminimalisir kesalahan dalam perekapan data yang disebabkan oleh tulisan tangan yang sulit dibaca. Selama melaksanakan praktik kerja magang ini, penulis memperoleh pengalaman kerja serta mengasah kemampuan-kemampuan baru yang ditemukan selama menjalani praktik kerja magang dengan periode 6 bulan. Selain itu, penulis juga mempelajari penerapan ilmu Human Resource Management yang telah diajarkan selama masa perkuliahan, lalu diterapkan dalam implementasi business ethics dan industry market validation secara professional. Diharapkan untuk PT. Indah Kiat Pulp & Paper Tbk, kedepannya mampu meningkatkan antusias karyawan dalam berpartisipasi dengan sungguh-sungguh terhadap program-program employee engagement.

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: Employee Engagement, Corporate Social Responsibility, Human Resource Management
Subjects: ?? HD28 ??
Divisions: Faculty of Business > Management
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 23 Sep 2023 17:37
Last Modified: 23 Sep 2023 18:37
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/26805

Actions (login required)

View Item View Item