Pola Komunikasi Fans NCT di Media Online (Studi Netnografi di Instagram dan Whatsapp)

C. Santoso, Veronica (2022) Pola Komunikasi Fans NCT di Media Online (Studi Netnografi di Instagram dan Whatsapp). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (461kB)
[img] Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (808kB)
[img] Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (542kB)
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img] Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (480kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini telah menciptakan ruang dalam berkomunkasi berupa media sosial. Jumlah pengguna aktif media sosial di Indonesia pada saat ini mencapai 191 juta per Januari 2022. Budaya Korea masuk dan meluas di Indonesia melalui media sosial. Salah satu komunitas Korean Pop yang saat ini sedang berkembang adalah komunitas penggemar dari boyband NCT. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi fans NCT di media sosial khususnya di Instagram dan grup WhatsApp. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dengan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dan menggunakan metode penelitian Netnografi. Hasil temuan menunjukkan adanya pola komunikasi yang terbentuk secara horizontal, verbal, non verbal, dan adanya komunikasi interpesonal yang terbentuk secara tidak sengaja dengan komunikasi parasosial yang dialami komunitas fandom.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Komunitas, Netnografi, Media Sosial, K-Pop
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.23 Media of Communication, Mass Media
300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.24 Content of Communication
300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 307 Communities (Incl. Indigenous, Rural, Suburban and Urban Communities)
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 25 Mar 2024 01:59
Last Modified: 25 Mar 2024 02:04
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/28032

Actions (login required)

View Item View Item