Anggraeni Sulistiyo, Amelia (2022) Strategi Public Relations dalam Mempertahankan Reputasi PT Astra International Tbk di Era Kenormalan Baru melalui Gerakan #SemangatSalingBantu. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Text
HALAMAN_AWAL.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
|
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
|
Text
BAB_I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
|
Text
BAB_II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (13MB) |
|
Text
BAB_III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
|
Text
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (20MB) |
|
Text
BAB_V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (18MB) |
Abstract
Public Relations umumnya ada di setiap perusabaan besar dan menjadi "wajah" atau representasi perusahaan. Pengelolaan pun pemberitaan mengenai perusahaan, komunikasi melalui PR. Datangnya virus COVID-19 memberikan dampak yang cukup signifikan pada berbagai sektor kehidupan di Indonesia. Penanggulangan pandemi membutuhkan sinergi antara pemerintah dan pihak lain yang dapat meringankan dampak yang dirasakan masyarakat Indonesia. Melihat situasi ini, perusahaan dari berbagai sektor usaba menunjukkan kepedulian dengan caranya masing-masing, seperti melaksanakan suatu aktivitas dan membentuk program relevan. Saat perusahaan ingin menyampaikan aksi konkret membantu publiknya, Public Relations sebagai representasi perusabaan turun untuk terlibat agar penyampaian pesan dari perusahaan ke publik bisa tepat sasaran. Salah satu perusahaan terbesar di Indonesia, Astra International, melalui divisi Public Relations membentuk program PR gerakan #SemangatSalingBantu guna membantu sesama yang sedang kesulitan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui strategi yang dilakukan Public Relations dalam mempertahankan reputasi PT Astra International Tbk di era kenormalan baru melalui gerakan #SemangatSalingBantu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi kasus, pendekatan kualitatif deskriptif, dan pengumpulan data dengan mewawancarai dua orang partisipan dan satu orang infoman ahli serta studi dokumentasi. Hasilnya dianalisis dengan konsep strategi PR milik Ronald D. Smith (2017) dan analisis dengan teknik pattern matching. Konsep dominan yang digunakan adalah konsep strategi PR Smith, juga konsep model kampanye Nowak dan Warneryd. Hasil penelitian menunjukkan strategi PR gerakan #SemangatSalingBantu menggunakan strategi komunikasi proaktif, being relevant dalam setiap aspek komunikasi dan fokus pada komunikasi ranah digital. Menggunakan owned media sebagai taktik komunikasi efektif.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Astra International, Era enormalan Baru, Gerakan #SemangatSalingBantu, Strategi Public Relations, Reputasi |
Subjects: | 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 659 Advertising, Marketing and Public Relations |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 19 Mar 2024 03:18 |
Last Modified: | 19 Mar 2024 03:23 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/28059 |
Actions (login required)
View Item |