⭐ Bonancy, Caristheo (2023) Strategi Produser dalam Negosiasi Win-Lose Solution pada Video Musik Berjuang atau Menghilang (2023). Bachelor Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
Text
HALAMAN_AWAL.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (696kB) |
![]() |
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (242kB) |
![]() |
Text
BAB_I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (308kB) |
![]() |
Text
BAB_II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (336kB) |
![]() |
Text
BAB_III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (600kB) |
![]() |
Text
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (566kB) |
![]() |
Text
BAB_V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (231kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Musik video memiliki peranan penting dalam mempromosikan sebuah lagu (Sakrie, 2011). Oleh karena itu untuk menyukseskan perilisan lagu Berjuang atau Menghilang karya Fredo Aquinaldo, penulis bersama tim bekerja sama menyusun pembuatan musik video tersebut. Dalam pembuatan musik video ini, penulis memegang peran sebagai produser tim produksi. Produser memiliki peranan penting pada sebuah produksi video, mulai dari melakukan perencanaan budgeting hingga mengkoordinir jalannya produksi dari awal sampai akhir. Seorang produser tentunya membutuhkan strategi agar produksi yang dijalani akan lebih efektif. Oleh karena itu, penulis selaku produser menggunakan strategi negosiasi menurut William Zartman mengenai win-lose solution yang meliputi pendekatan intergratif, pendekatan proses, pendekatan perilaku, pendekatan strategis dan pendekatan struktural. Pengaplikasian dari strategi negosiasi tersebut berhasil mewujudkan posisi dan wewenang dalam aspek pembuatan konsep dan ide kreatif, penghematan budget lokasi dan penanggungan biaya bersama pada aspek konsumsi. Produser berhasil menurunkan budget produksi sebesar 48,6%.
Actions (login required)
![]() |
View Item |