Jonathan, Andre (2024) Model Pengelolaan Media Sosial dalam Meningkatkan Engagement di Akun Instagram @Riburasa. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (1MB) |
|
PDF
BAB_I.pdf Download (502kB) |
|
PDF
BAB_II.pdf Download (382kB) |
|
PDF
BAB_III.pdf Download (672kB) |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (304kB) |
|
PDF
BAB_V.pdf Download (255kB) |
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (242kB) |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
Abstract
Media sosial dewasa ini tidak hanya digunakan untuk berjejaring melainkan juga untuk pemasaran suatu produk. Salah satu media sosial yang digunakan untuk saluran pemasaran adalah Instagram. Media sosial Instagram harus dikelola dengan baik, karena para penggunanya dapat saling membuat, mengedit dan menyebarkan konten dengan cepat dan luas. Salah satu merek yang membutuhkan pengelolaan media sosial Instagram adalah PT. Riburasa Nusantara atau yang dikenal dengan @riburasa. Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang frozen food, Riburasa telah memiliki akun media sosial Instagram sejak tahun 2021. Namun, pergerakan pada akun tersebut sangatlah minim sehingga dibutuhkan pengelolaan media sosial melalui berbagai aktivitas di akun Instagram @riburasa. Berlandaskan teori dan konsep Social Media Engagement, Visual Communication Design, dan Social Media Strategy, perancang menghasilkan karya diantaranya: 18 Instagram Feeds yang berisikan informasi produk, 12 Instagram Reels dengan konsep kreasi memasak yang interaktif dengan followers, dan 15 Instagram Stories dalam periode produksi selama 3 bulan dari bulan April, Mei, dan Juni 2023. Hasilnya, terdapat peningkatan pengikut sebanyak 550 akun, dari yang sebelumnya 1.637 akun menjadi 2.187 akun. Selain itu, rata-rata insight mencapai 3045 akun yang berinteraksi. Dapat disimpulkan bahwa aktivitas media sosial yang diterapkan pada akun Instagram @riburasa dinilai berhasil. Pemasaran pada sosial media Instagram @Riburasa adalah menargetkan audiens yang tepat untuk meningkatkan kesadaran merek dan mendorong keterlibatan konsumen, dan menggapai calon konsumen untuk meningkatkan persentase penjualan produk.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Engagement, Instagram, Media Sosial, Riburasa |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 06 Nov 2024 02:17 |
Last Modified: | 06 Nov 2024 02:17 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/32155 |
Actions (login required)
View Item |