Representasi Standar Kecantikan dalam Iklan (Analisis Semiotika Roland Barthes pada Iklan Wardah Versi Matte for Me dan Make Over Versi Get Glazed with NIKI)

Ranjita, Nathanael Dewa (2024) Representasi Standar Kecantikan dalam Iklan (Analisis Semiotika Roland Barthes pada Iklan Wardah Versi Matte for Me dan Make Over Versi Get Glazed with NIKI). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (693kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (204kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (449kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (239kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (165kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (185kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB)

Abstract

Representasi adalah kegiatan penggunaan bahasa yang melibatkan tanda dan gambar yang mewakili atau merepresentasikan sesuatu. Penelitian ini membahas mengenai fenomena representasi dalam iklan produk kecantikan yang berarti membahas kecantikan seperti apa yang terdapat dalam iklan tersebut. Penelitian ini menggunakan Wardah dengan iklan Matte For Me dan Make Over dengan iklan Get Glazed With NIKI sebagai iklan yang akan dianalisis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan seperti apa representasi standar kecantikan yang terdapat dalam kedua iklan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode analisis semiotika Roland Barthes dengan teknik pengumpulan data berupa observasi non paritisipatif. Hasil penelitian ini menemukan bahwa dalam iklan Wardah versi Matte For Me terdapat representasi kecantikan perempuan Indonesia yang beragam. Keberagaman tersebut tergambar dari warna kulit, rambut, dan penggunaan hijab. Sedangkan, dalam iklan Make Over Get Glazed With NIKI ditemukan representasi kecantikan inklusif yang mewakili perempuan dengan kulit sawo matang, berambut pendek, dan memiliki tubuh yang tidak terlalu tinggi.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Representasi, Standar Kecantikan, Brand Kecantikan Indonesia, Semiotika Roland Barthes.
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 06 Nov 2024 02:33
Last Modified: 06 Nov 2024 02:33
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/32195

Actions (login required)

View Item View Item