Pola Komunikasi Komunitas Merek Daring pada Platform Whatsapp (Studi Netnografi Komunitas Soco Beauty Network)

Agina, Rasilita (2024) Pola Komunikasi Komunitas Merek Daring pada Platform Whatsapp (Studi Netnografi Komunitas Soco Beauty Network). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (125kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (384kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (308kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (800kB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (176kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (191kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (755kB)

Abstract

Komunitas merek daring (online brand community) merupakan komunitas yang berpusat pada aktivitas konsumsi produk di dunia maya. Lebih lagi, perusahaan saat ini mulai melibatkan kelompok pelanggan dalam kegiatan pemasarannya. Keunikan dari komunitas SOCO Beauty Network adalah sifatnya yang tertutup dan anggota komunitas adalah content creator yang juga pelanggan setia Sociolla. Penelitian ini bertujuan untuk memahami pola komunikasi yang terjadi pada komunitas merek daring SOCO Beauty Network yang didirikan oleh perusahaan Sociolla di platform pesan instan WhatsApp. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode netnografi yang mana peneliti bergabung menjadi anggota dari komunitas SOCO Beauty Network dan terlibat secara langsung dalam aktivitas komunitas dan berkomunikasi dengan anggota lainnya. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi langsung dari Maret 2024 hingga Mei 2024 serta wawancara mendalam dengan empat orang anggota komunitas SOCO Beauty Network. Teknik open coding, axial coding, dan selective coding digunakan untuk menganalisis data penelitian. Penelitian ini menemukan bahwa sifat hypersonal dari komunikasi melalui platform WhatsApp tidak hanya membantu penyampaian informasi secara lancar, lengkap, dan dapat diakses kapan saja, tetapi juga berperan penting dalam membangun hubungan antar anggota komunitas dan menjaga sasaran utama komunitas untuk melibatkan anggota pada kegiatan pemasaran Sociolla dapat tercapai dengan baik. Mayoritas pola komunikasi yang timbul dari komunitas SOCO Beauty Network adalah pola komunikasi roda yang berpusat pada admin. Hal ini karena admin berperan sebagai perantara pengirim pesan antara Sociolla dan anggota komunitas.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: komunikasi termediasi komputer, pola komunikasi kelompok, komunitas merek daring
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 06 Nov 2024 02:48
Last Modified: 06 Nov 2024 02:48
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/32257

Actions (login required)

View Item View Item