Timothy Yudha Gerungan, Jason (2024) Analisis Perspektif Jurnalis Terkait Penerapan Crowdsourcing dan User Generated Content dalam Cek Fakta di Indonesia. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (353kB) |
|
PDF
BAB_I.pdf Download (153kB) |
|
PDF
BAB_II.pdf Download (342kB) |
|
PDF
BAB_III.pdf Download (400kB) |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
PDF
BAB_V.pdf Download (59kB) |
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (192kB) |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Pesatnya perkembangan teknologi dan informasi memiliki dampak negatif dalam ranah dunia jurnalistik. Penyebaran hoaks, disinformasi, dan misinformasi melalui media sosial, internet, dan jejaring sosial tersebut merupakan pokok permasalahan di era digital ini. Melihat permasalahan tersebut memunculkan upaya aktif dari masyarakat untuk membatasi penyebaran berita hoaks di Indonesia. Penerapan crowdsourcing dan user generated content merupakan salah satu bentuk upaya aktif dalam membatasi penyebaran hoaks di Indonesia. Penelitian ini dilakukan untuk menggali lebih dalam perspektif jurnalis atau media massa terkait penerapan crowdsourcing dan user generated content dalam praktik cek fakta di Indonesia. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma konstruktivisme. Pendekatan kualitatif merupakan pendekatan yang diterapkan pada penelitian ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metodologi studi kasus. Wawancara mendalam merupakan teknik pengumpulan data dari penelitian ini. Teknik analisis data dari penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan menyimpulkan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan crowdsourcing dan user generated content yang masih minim dalam praktik cek fakta. Selain itu, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesulitan dalam verifikasi data merupakan salah satu tantangan utama dalam penerapan crowdsourcing dan user generated content dalam ranah cek fakta di Indonesia. Memperluas audiens dengan memberikan edukasi merupakan strategi yang diterapkan oleh media-media yang peneliti pilih sebagai subjek penelitian.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Crowdsourcing, user generated content, hoaks, disinformasi, misinformasi, malinformasi, cek fakta 8 Analisis Perspektif Jurnalis..., Jason Timothy Yudha, Universitas Multimedia Nusantara |
Subjects: | ?? PN4699-5650 ?? |
Divisions: | Faculty of Communication > Digital Journalism |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 06 Nov 2024 03:13 |
Last Modified: | 21 Nov 2024 02:06 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/32340 |
Actions (login required)
View Item |