Irvan, Irvan (2023) Analisa Pengaruh Literasi Digital dan Adopsi E-commerce terhadap Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di Jakarta Barat. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (1MB) |
|
PDF
BAB_I.pdf Download (759kB) |
|
PDF
BAB_II.pdf Download (355kB) |
|
PDF
BAB_III.pdf Download (540kB) |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
PDF
BAB_V.pdf Download (277kB) |
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (255kB) |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) sangat membantu perekonomian Indonesia, terutama setelah pemulihan ekonomi akibat pandemi COVID-19. Banyak usaha kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia telah menerapkan digitalisasi dalam operasional mereka di era digital saat ini. Dalam penelitian ini, peneliti menganalisis bagaimana digitalisasi dapat membantu UMKM dengan melihat pengaruh faktor adopsi e-commerce dan literasi digital serta moderasi adopsi bisnis O2O dalam mempengaruhi kinerja bisnis UMKM. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif terhadap 165 responden UMKM di Jakarta Barat yang diperoleh melalui kuesioner menggunakan Google Form. Hasil analisa menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) dan pengolahan data menggunakan perangkat lunak SmartPLS 4, menunjukkan bahwa literasi digital dan adopsi e-commerce berpengaruh positif terhadap kinerja bisnis UMKM. Sementara adopsi bisnis O2O terbukti memoderasi pengaruh literasi digital terhadap terhadap kinerja bisnis UMKM.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Digital Literacy, E-Commerce Adoption, SME Performance, O2O Business Adoption, MSMEs. |
Subjects: | ?? HD28 ?? |
Divisions: | Faculty of Business > Management |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 06 Nov 2024 03:16 |
Last Modified: | 06 Nov 2024 03:16 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/32349 |
Actions (login required)
View Item |