Analisis Strategi Perancangan Pesan Rekosistem melalui Tagar #BersamaLebihBaik melalui Instagram

Shafira, Ratu (2024) Analisis Strategi Perancangan Pesan Rekosistem melalui Tagar #BersamaLebihBaik melalui Instagram. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (306kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (330kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (252kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (696kB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (244kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (344kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (624kB)

Abstract

Timbunan sampah selama bulan Ramadan tahun 2023 sudah menjadi salah satu problem utama yang dihadapi Indonesia. Peningkatan yang signifikan terhadap aktivitas serta konsumsi seringkali diiringi dengan bertambahnya volume sampah, terutama dari sisa makanan atau kemasan produk. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perancangan strategi pesan yang diterapkan oleh Rekosistem melalui kampanye #BersamaLebihBaik. Kampanye ini difokuskan untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam praktik pengelolaan sampah yang berkelanjutan selama bulan Ramadhan tahun 2023. Melalui pendekatan kualitatif, penelitian ini mengeksplorasi elemen-elemen dari strategi pesan, termasuk teori komunikasi Laswell, konsep Difusi Inovasi, dan konsep perancangan kampanye PR. Data dikumpulkan dari analisis konten postingan kampanye #BersamaLebihBaik serta wawancara dengan tim Digital Marketing Rekosistem. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan tagar #BersamaLebihBaik berhasil dalam menarik perhatian dan partisipasi audiens, dengan pendekatan yang inklusif dan pesan yang jelas tentang pentingnya pengelolaan sampah. Strategi visual yang kuat dan narasi yang mendalam berhasil mengkomunikasikan tujuan kampanye dan memotivasi tindakan dari audiens. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa perancangan strategi pesan yang baik, didukung oleh penggunaan media sosial yang tepat, dapat meningkatkan kampanye keberlanjutan dalam jangka panjang khususnya dalam ranah sosial yang berlandaskan prinsip Social Development Goals (SDG).

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Instagram, Kampanye, Kampanye Berkelanjutan, Pengelolaan Sampah, Rekosistem, Strategi Pesan
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 06 Nov 2024 03:43
Last Modified: 06 Nov 2024 03:43
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/32439

Actions (login required)

View Item View Item