Pengambangan Talkbot di Bidang Customer Service pada PT WIZ.AI

Qhristmas Pniel Wijaya, Wilcoustine (2024) Pengambangan Talkbot di Bidang Customer Service pada PT WIZ.AI. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (3MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (211kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (522kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (204kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24MB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB)

Abstract

Teknologi di dunia semakin berkembang seiring berjalannya waktu, teknologi sendiri sangat membantu kegiatan setiap individu untuk menjalani keseharian. Salah satu penggunaan teknologi dizaman ini merupakan teknologi komunikasi. Perkembangan teknologi komunikasi juga sangat membantu meningkatkan efektivitas kinerja sebuah perusahaan maupun individu. Di dunia saat ini sedang ramai dibicarakannya tentang chatbot, hal ini membantu individu dalam kegiatan sehari-harinya. Pada perusahaan WIZ.AI, disediakannya sebuah sarana bagi perusahaan yang ingin meningkatkan efektivitas kerja dan kinerja perusahaan. WIZ.AI menyediakan talkbot, sebuah bot yang dapat melakukan komunikasi seperti manusia baik dua arah maupun satu arah. Perusahaan ini telah dibentuk sejak tahun 2019 dan telah bekerja dengan berbagai perusahaan lainnya. Salah satu perusahaan yang menggunakan jasa WIZ.AI merupakan sebuah perusahaan e-commerce Indonesia. Perusahaan ini sudah pernah menggunakan talk bot yang disediakan oleh WIZ.AI. Tetapi perusahaan e-commerce tersebut ingin meningkatkan kualitas bot yang dimiliki, ditemukannya beberapa kali noise saat bot melakukan panggilan, dan suara bot yang masih terlalu kaku seperti robot. Untuk mengatasi masalah tersebut dapat digunakan sebuah fitur CRM(Customer Relation Management) yang menggunakan sistem IVR Retention pada botnya. Selain itu pengembangan audio bot juga digunakan dengan melakukan penyesuaian TTS(Text-to-Speech). Pada akhirnya bot tersebut dapat dipublikasikan dan digunakan oleh perusahaan e- commerce tanpa adanya kendala.

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: E-commerce, Interactive Voice Response, Talkbot, Teknologi Komunikasi, Text-to-Speech
Subjects: ?? T58.5-58.64 ??
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 07 Nov 2024 08:15
Last Modified: 07 Nov 2024 08:15
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/32772

Actions (login required)

View Item View Item