Perancangan Kampanye Sosial tentang "Genderless Beauty" terhadap Penggunaan Sunscreen pada Pria

Vanessa, Emeilia (2024) Perancangan Kampanye Sosial tentang "Genderless Beauty" terhadap Penggunaan Sunscreen pada Pria. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (514kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (350kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (535kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (526kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (216kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (272kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB)

Abstract

Perancangan kampanye sosial ini merupakan sebuah proyek yang dilakukan untuk program MBKM dengan cluster proyek independen yang dilakukan oleh pemerintah. Pada proyek ini, penulis membuat karya untuk mengikuti lomba yang diadakan oleh Taiwan International Student Design Competition (TISDC) dengan tema Equality. Tema ini membicarakan tentang kesetaraan yang merangkul keberagaman dan membina harmoni. Dari tema yang diberikan, penulis mengacu pada isu SDG no 5 tentang kesetaraan gender. Dari poin tersebut, penulis ingin mengangkat isu tentang Genderless Beauty terhadap penggunaan Sunscreen pada pria. Sunscreen merupakan salah satu produk perawatan kulit yang berguna untuk menjaga kulit dari paparan sinar matahari yang dapat merusak kulit. Sunscreen sendiri dapat digunakan untuk pria dan juga wanita. Namun, masih banyak yang beranggapan bahwa Sunscreen merupakan produk perawatan kulit yang hanya diperuntukkan kepada wanita karena adanya stereotip yang dibentuk oleh masyarakat sehingga pria menjadi kurang peduli terhadap penggunaan Sunscreen dan perawatan kulitnya. Hal ini dikarenakan Sunscreen sering kali diiklankan untuk wanita dan memiliki kesan "beauty" yang berkaitan dengan feminim sehingga mencondong kepada perempuan dan bertentangan dengan sifat maskulinitas para pria. Akibatnya, kepedulian terhadap kulit kurang diperdulikan oleh para pria dan rentan terkena penyakit kulit seperti kanker kulit. Oleh karena itu, penulis membuat kampanye sosial untuk meningkatkan kesadaran, merangkul serta mengedukasi bahwa penggunaan sunscreen dapat digunakan oleh pria dan perawatan kulit tidak melihat gender. Penulis menggunakan metode perancangan yaitu wawancara, kuesioner, dan studi eksisting.

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: kesetaraan gender, genderless beauty, sunscreen, kampanye sosial
Subjects: ?? N1 ??
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 07 Nov 2024 08:56
Last Modified: 07 Nov 2024 08:56
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/32952

Actions (login required)

View Item View Item