Perancangan Media Promosi UMKM Cakein di Desa Legok

Ayu Nadira Setyananda, Dara (2024) Perancangan Media Promosi UMKM Cakein di Desa Legok. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (4MB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (292kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (311kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (39MB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf

Download (51kB)

Abstract

Perancangan desain ini berfokus pada strategi pembuatan media promosi. Hal ini memiliki tujuan untuk menjadi solusi dalam mengenalkan UMKM Cakein kepada masyarakat luas sebagai salah satu usaha yang ada di desa Legok. UMKM Cakein merupakan usaha yang bergerak di bidang kuliner, menyajikan beragam variasi kue basah yang didirikan oleh Maria Harrys Ujianty. Sayangnya, UMKM Cakein belum memiliki media sosial serta media kolateral pendukung lainnya sebagai sarana untuk mempromosikan produk-produknya. Guna menciptakan kesadaran merek (brand awareness) terhadap UMKM Cakein, strategi promosi dibutuhkan untuk menarik perhatian para pelanggan dalam melakukan suatu action. Dari segi jenis datanya, metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif, yaitu observasi dan wawancara kepada pelaku usaha dan pihak desa Legok untuk mendapatkan data faktual. Terdapat tahapan perancangan yang penulis gunakan, yaitu teori perancangan desain menurut Robert Landa pada bukunya berjudul "Graphic Design Solutions", meliputi orientation, analysis, concept, design, dan implementation sebagai landasan penulis dalam melakukan perancangan desain. Hasil perancangan yang telah dilakukan, menghasilkan output berupa konten sosial media dan beberapa media kolateral yang berisi engaging content. Kesimpulan dari perancangan ini adalah penyajian konten dan penggunaan media sosial yang relatable dan kreatif akan menghasilkan persepsi baru bagi calon pelanggan untuk membeli produk Cakein, serta menimbulkan loyalitas dan trust dalam melakukan repeat order.

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: desa Legok, UMKM Cakein , media promosi
Subjects: ?? N1 ??
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 08 Nov 2024 13:33
Last Modified: 08 Nov 2024 13:33
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/33072

Actions (login required)

View Item View Item