Putrajaya, Umar (2024) Analisis Konten dan Narasi pada Edugame Perubahan Iklim GENERAKSI! untuk Remaja di Nusa Tenggara Timur. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (682kB) |
|
PDF
BAB_I.pdf Download (283kB) |
|
PDF
BAB_II.pdf Download (471kB) |
|
PDF
BAB_III.pdf Download (600kB) |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
PDF
BAB_V.pdf Download (197kB) |
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (221kB) |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf Download (53kB) |
Abstract
Untuk meningkatkan pengetahuan remaja NTT mengenai perubahan iklim, dibuat sebuah game edukasi tentang perubahan iklim untuk remaja di bawah naungan program hibah penelitian Indonesia-Australia KONEKSI 2023-2024. Analisis berfokus pada konten edukasi dan narasi cerita pembuka pada game. Analisis dilakukan dengan pengambilan data secara kualitatif menggunakan FGD, visual diaries dan co-creation/design workshop. Data yang terkumpul dijadikan landasan perancangan konten edukasi dan cerita yang akan dianalisis menggunakan bicycle model dan teori narasi menurut Chris Bateman untuk menghasilkan game edukasi dengan konten dan narasi yang sesuai dengan target dan memenuhi kebutuhan elemen pada game. Hasil dari penelitian merupakan konten edukasi yang menghadirkan informasi dasar sesuai kebutuhan dan sifat target serta narasi cerita untuk menambah motivasi, memperkenalkan perubahan iklim, dan memberi imersi, hadiah, dan identifikasi pada educational board game tentang perubahan iklim.
Item Type: | Thesis (MBKM) |
---|---|
Keywords: | Perubahan iklim, game edukasi, konten edukasi, narasi |
Subjects: | ?? N1 ?? |
Divisions: | Faculty of Art & Design > Visual Communication Design |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 08 Nov 2024 13:44 |
Last Modified: | 08 Nov 2024 13:44 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/33098 |
Actions (login required)
View Item |