Perancangan UI/UX Bhumi Daya untuk MBKM Kewirausahaan PT Budaya Pariwisata Indonesia

Dharma, Vianna (2024) Perancangan UI/UX Bhumi Daya untuk MBKM Kewirausahaan PT Budaya Pariwisata Indonesia. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (820kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (247kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (693kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (2MB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (358kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf

Download (51kB)

Abstract

Sektor pariwisita di Indonesia merupakan salah satu sektor ekonomi yang telah membaik sejak terkena dampak pandemi Covid-19, per Juli 2023, kunjungan ke Indonesia telah meningkat 196,85% dari tahun 2022 (Kemenparekraf, 2023). Uniknya, pariwisata alternatif yang lebih mengutamakan kualitas, alam, dan budaya memiliki minat yang meningkat sejak selesainya pandemi Covid-19, hal ini termasuk wisata pedesaan (Satriawati et al., 2023). Desa Wisata di Indonesia telah tersebar ke 36 dari 38 provinsi di Indonesia namun minat mayoritas wisman masih terbatas pada pilihan provinsi yang sudah cukup umum. Hal ini terbukti dari hasil data BPS (2022) bahwa dari seluruh tujuan wisatawan mancanegara ke Indonesia, tujuan ke Bali mencapai hingga 46,72%, diikuti DKI Jakarta sebesar 13,03%, dan Kepulau Riau sebesar 11,8%. Perancangan UI/UX Bhumi Daya memiliki tujuan untuk meningkatkan minat serta awareness wisatawan mancanegara maupun Indonesia terkait pariwisata alternatif di Indonesia, khususnya Desa Wisata. Hal ini dilakukan Bhumi Daya dengan membuat sebuah aplikasi yang membantu proses pemesanan dan pembayaran akomodasi dari desa wisata, khususnya di Jawa Tengah. Perancangan UI/UX menggunakan metode Design Thinking yang digunakan Hasso Plattner Institute of Design at Stanford. Metode pengumpulan data dilakukan menggunakan studi Pustaka, wawancara dan kuesioner. Ditemukan bahwa target user lebih memilih menggunakan aplikasi dengan desain yang minimalis dan fitur yang memudahkan proses pembayaran dan filterisasi tempat sesuai preferensi. Ditemukan juga bahwa pentingnya kelengkapan informasi terkait katalog dan memiliki kepercayaan calon konsumen sebagai platform yang membantu proses pemesanaan secara online.

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: Bhumi Daya, desa wisata, UI/UX, Design Thinking, Jawa Tengah, awareness, pariwisata alternatif
Subjects: ?? N1 ??
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 08 Nov 2024 13:46
Last Modified: 08 Nov 2024 13:46
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/33108

Actions (login required)

View Item View Item