Perancangan Kampanye Sosial Pilah Aneka Rupa Sampah untuk Meningkatkan Kesadaran Ibu Rumah Tangga di Jabodetabek dalam Memilah Sampah Belanja Online

Raissa, Heavenia (2024) Perancangan Kampanye Sosial Pilah Aneka Rupa Sampah untuk Meningkatkan Kesadaran Ibu Rumah Tangga di Jabodetabek dalam Memilah Sampah Belanja Online. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (526kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (199kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (210kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (539kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (115kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (59kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf

Download (51kB)

Abstract

Pada tahun 2019 Indonesia telah menduduki peringkat pertama sebagai negara dengan pertumbuhan nilai industri e-commerce tertinggi mencapai 78%. produksi dan konsumsi masyarakat tentunya baik untuk pertumbuhan ekonomi, namun dapat menimbulkan dampak negatif seperti risiko kesehatan manusia akibat dari pembuangan dan pengelolaan sampah yang tidak tepat. Data dari Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (2022) menunjukan bahwa rumah tangga menjadi penyumbang sampah terbesar sebanyak 38,35%. Untuk itu karya ini dibuat untuk membangun kesadaran ibu rumah tangga di Jabodetabek dalam memilah sampah belanja online. Konsep yang digunakan pada perancangan karya ini, yaitu environmental communication, kampanye sosial, brand advokasi campaign, strategi SOSTAC, campaign communication material, dan waste management. Proses pembuatan karya dilaksanakan dalam tiga tahap pra- produksi, produksi, dan pasca-produksi. Tahap pra-produksi meliputi pembuatan strategi dengan metode SOSTAC dan pembuatan pesan "Pilah Aneka Rupa Sampah". Tahap produksi meliputi pembuatan skrip, storyboard, dan brief desain. Tahap pasca-produksi meliputi penyuntingan dan evaluasi. Perancangan kampanye sosial ini berhasil mencapai tujuan yaitu meningkatkan kesadaran ibu rumah tangga dalam memilah sampah belanja online berdasarkan hasil evaluasi, yaitu diterimanya informasi yang relevan oleh audiens dan penonton video yang mencapai target yaitu dua ratus orang.

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: environmental communication, kampanye sosial, sampah belanja online
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 08 Nov 2024 15:14
Last Modified: 08 Nov 2024 15:14
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/33374

Actions (login required)

View Item View Item