Landau, Jennifer (2024) Kegiatan Workshop Manajemen Risiko pada Acara Entrepreneurship Bootcamp bagi Pemuda di Lebak Selatan. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (1MB) |
|
PDF
BAB_I.pdf Download (324kB) |
|
PDF
BAB_II.pdf Download (272kB) |
|
PDF
BAB_III.pdf Download (262kB) |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
PDF
BAB_V.pdf Download (148kB) |
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (160kB) |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (959kB) |
|
PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf Download (51kB) |
Abstract
Indonesia masuk dalam urutan ke 4 jumlah penduduk terbanyak di dunia. Dari banyaknya penduduk di Indonesia, usia rata-rata penduduk di Indonesia berada pada usia muda dan produktif. Berada di Selatan Jawa yang memiliki keindahan pantai, Lebak Selatan memiliki potensi lokal yang sangat baik. Namun, masyarakat di sana belum memanfaatkannya dengan baik. Kabupaten Lebak berada di peringkat ke-3 angka pengangguran tertinggi se-provinsi Banten. Faktor dari tingginya angka pengangguran adalah keterbatasan lapangan kerja di Lebak, sehingga orang-orang dengan usia produktif memilih bekerja di luar daerah. Faktor tersebut bukan menjadi suatu penghalang para pemuda desa di Lebak Selatan untuk tidak bekerja. Banyak potensi yang dapat dimanfaatkan di daerahnya. Saya dalam proses ini merancang kegiatan workshop manajemen risiko yang saling berkaitan dengan kegiatan Niskala Camp lainnya. Workshop manajemen risiko diadakan untuk meningkatkan pengetahuan para pemuda di Lebak Selatan tentang risiko yang terjadi ketika membuka usaha dan cara mengatasi risiko yang ada. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode wawancara tidak terstruktur. Dalam merancang acara, penuli menggunakan tahapan event management dari Goldblatt. Hasil dari acara ini bisa dilihat di Instagram @niskalacamp.id. Hasil dari diadakannya workshop manajemen risiko menunjukan bahwa manajemen risiko untuk para pemuda di Lebak Selatan sifatnya tidak hanya informatif untuk para peserta bootcamp, tetapi memiliki elemen emosional untuk meningkatkan kesadaran mengenai kesiapsiagaan dalam membuka bisnis atau usaha.
Item Type: | Thesis (MBKM) |
---|---|
Keywords: | Pengangguran, Manajemen Risiko, Event Management |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 08 Nov 2024 15:24 |
Last Modified: | 08 Nov 2024 15:24 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/33422 |
Actions (login required)
View Item |