Petrina, Petrina (2016) Online personal branding Enda Nasution sebagai bapak blooger Indonesia (studi kasus stategi melalui media sosial milik Enda Nasution). Bachelor Thesis thesis, Universitas multimedia Nusantara.
Abstract
Aktivitas Personal Branding kini menjadi lebih terbuka dan tidak terbatas hanya untuk kalangan tertentu saja. Masyarakat yang menyadari pentingnya personal brand untuk dapat mempertahankan eksistensi diri serta terus bersaing saat ini juga berbanding lurus dengan pertumbuhan masyarakat yang mampu mengakses internet. Brand sudah menjadikan internet dan media sosial sebagai media efektif untuk dapat menciptakan berbagai manfaat positif. Enda Nasution merupakan salah satu orang yang menggunakan media sosial sebagai media untuk mengkomunikasikan Personal Brand dirinya sebagai seorang Bapak Blogger Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembentukan Online Personal Brand Enda Nasution sebagai Bapak Blogger Indonesia serta langkah-langkah yang dilakukan Enda Nasution di media sosial untuk membentuk Personal Brand. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode penelitian studi kasus. Peneliti memperoleh data melalui wawancara mendalam subjek penelitian serta studi dokumen. Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa dalam aktivitasnya di media sosial Enda mampu mengkomunikasikan dirinya sebagai seorang Bapak Blogger melalui berbagai konten yang dibagikan dalam tiap media sosial miliknya. Skill set menjadi elemen yang cukup kuat dalam aktivitasnya karena melalui berbagai kemampuan serta pencapaian yang dimiliki, Enda Nasution mampu mengkomunikasikan dirinya kepada publik. Adapun beberapa langkah yang dilakukan Enda dalam pembentukan personal brand-nya, yaitu memahami bidang yang menjadi ketertarikan pribadi dan kemampuan yang dimiliki, mengidentifikasi target audiens, menentukan kompetitor, membuat saluran komunikasi melalui media sosial, mengkomunikasikan kemampuan dan ketertarikan diri, memperoleh umpan balik, membangun koneksi, mengembangkan diri, memenuhi ekspektasi publik, serta mengikuti perkembangan dunia teknologi dan norma-norma yang ada.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Subjects: | 100 Philosophy and Psychology > 120 Epistemology > 126 The self (personal identity, personality, personal branding) 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.24 Content of Communication 300 Social Sciences > 380 Commerce, communications and transportation > 381 Commerce (Trade, Incl. Branding, Marketing and Warehousing) 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 659 Advertising, Marketing and Public Relations |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 05 Jul 2017 01:40 |
Last Modified: | 27 May 2022 05:23 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/336 |
Actions (login required)
View Item |