Valery, Shannon (2024) Komunikasi Antarbisnis dalam Tim Komersial PT EDOTCO Infrastruktur Indonesia. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (799kB) |
|
PDF
BAB_I.pdf Download (158kB) |
|
PDF
BAB_II.pdf Download (221kB) |
|
PDF
BAB_III.pdf Download (379kB) |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (150kB) |
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (135kB) |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf Download (50kB) |
Abstract
Proses bisnis yang dijalani oleh perusahaan dalam industri Business to Business (B2B) memiliki tingkat kompleksitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan industri Business to Customer (B2C) mengingat banyaknya pihak yang terlibat dalam setiap pengambilan keputusannya. Sehingga, keberadaan komunikasi yang efektif menjadi krusial dalam menjaga hubungan baik dengan para pemangku kepentingan selama proses bisnis B2B yang panjang. Berbagai strategi maupun medium yang umum digunakan dalam industri B2B antara lain adalah direct marketing melalui berbagai media sosial seperti e-mail, LinkedIn, dan lainnya. Dengan kemajuan teknologi dan perkembangan zaman, kini komunikasi antarbisnis dapat dilakukan secara lebih efisien. Meskipun demikian, pemilihan medium sekaligus cara penyampaian pesan yang dilakukan tetap harus disusun secara matang sesuai dengan kondisi, dan kebutuhan dari masing-masing klien. PT EDOTCO Infrastruktur Indonesia yang bergerak dalam industri B2B bidang telekomunikasi senantiasa berusaha untuk mengoptimalkan proses bisnisnya melalui komunikasi antarbisnis yang efektif. Berbagai tantangan dialami selama prosesnya, seperti pemahaman akan proses bisnis yang memerlukan waktu lebih, ruang lingkup pemberian tugas yang terlalu luas, serta minimnya ruang fleksibilitas dalam proses bisnis. Namun, seluruh tantangan tersebut berhasil terselesaikan oleh tim komersial, sebagai pemegang peranan krusial dalam komunikasi antarbisnis PT EDOTCO Infrastruktur Indonesia.
Item Type: | Thesis (MBKM) |
---|---|
Keywords: | B2B, Komunikasi Antarbisnis, Customer Relationship Management, EDOTCO Group %%&RPPXQLFDWLRQLQ&RPPHUFLDO7HDP«6KDQQRQ9DOHU\8QLYHUVLWDV0XOWLPHGLD1XVDQWDUD |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 08 Nov 2024 16:13 |
Last Modified: | 08 Nov 2024 16:13 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/33651 |
Actions (login required)
View Item |