Komunikasi Antarbisnis dalam Tim Komersial PT EDOTCO Infrastruktur Indonesia

Valery, Shannon (2024) Komunikasi Antarbisnis dalam Tim Komersial PT EDOTCO Infrastruktur Indonesia. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (799kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (158kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (221kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (379kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (135kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf

Download (50kB)

Abstract

Proses bisnis yang dijalani oleh perusahaan dalam industri Business to Business (B2B) memiliki tingkat kompleksitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan industri Business to Customer (B2C) mengingat banyaknya pihak yang terlibat dalam setiap pengambilan keputusannya. Sehingga, keberadaan komunikasi yang efektif menjadi krusial dalam menjaga hubungan baik dengan para pemangku kepentingan selama proses bisnis B2B yang panjang. Berbagai strategi maupun medium yang umum digunakan dalam industri B2B antara lain adalah direct marketing melalui berbagai media sosial seperti e-mail, LinkedIn, dan lainnya. Dengan kemajuan teknologi dan perkembangan zaman, kini komunikasi antarbisnis dapat dilakukan secara lebih efisien. Meskipun demikian, pemilihan medium sekaligus cara penyampaian pesan yang dilakukan tetap harus disusun secara matang sesuai dengan kondisi, dan kebutuhan dari masing-masing klien. PT EDOTCO Infrastruktur Indonesia yang bergerak dalam industri B2B bidang telekomunikasi senantiasa berusaha untuk mengoptimalkan proses bisnisnya melalui komunikasi antarbisnis yang efektif. Berbagai tantangan dialami selama prosesnya, seperti pemahaman akan proses bisnis yang memerlukan waktu lebih, ruang lingkup pemberian tugas yang terlalu luas, serta minimnya ruang fleksibilitas dalam proses bisnis. Namun, seluruh tantangan tersebut berhasil terselesaikan oleh tim komersial, sebagai pemegang peranan krusial dalam komunikasi antarbisnis PT EDOTCO Infrastruktur Indonesia.

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: B2B, Komunikasi Antarbisnis, Customer Relationship Management, EDOTCO Group %%&RPPXQLFDWLRQLQ&RPPHUFLDO7HDP«6KDQQRQ9DOHU\8QLYHUVLWDV0XOWLPHGLD1XVDQWDUD
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 08 Nov 2024 16:13
Last Modified: 08 Nov 2024 16:13
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/33651

Actions (login required)

View Item View Item