Sulaeman, Krisna (2024) Pemaknaan Perilaku Compulsive Buying Generasi Z di Tangerang Terkait Fenomena Harbolnas. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (1MB) |
|
PDF
BAB_I.pdf Download (166kB) |
|
PDF
BAB_II.pdf Download (204kB) |
|
PDF
BAB_III.pdf Download (145kB) |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (486kB) |
|
PDF
BAB_V.pdf Download (115kB) |
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (189kB) |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (848kB) |
Abstract
Sikap compulsive kerap kali diabaikan dan tidak terlalu ditanggapi serius oleh masyarakat. Sikap compulsive ini dapat menyebabkan berbagai hal yang berdampak negatif pada manusia yang menerapkannya. Fenomena harbolnas sendiri memiliki kencenderungan membuat seseorang ingin membeli banyak barang ketika event itu tiba. Peneliti akan berfokus untuk membahas pemaknaan sikap compulsive dari kacamata generasi z pada fenomena harbolnas. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif fenomenologi interpretatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa generasi z memiliki beragama pemaknaan dari perilaku konsumtif yang mereka terapkan pada fenomena harbolnas, keberagaman pemaknaan ini memiliki kemiripan dengan menghasilkan banyaknya dampak negatif yang dirasakan dari sikap konsumtif pada fenomena harbolnas ini dan juga menimbulkan suatu kebiasaan baru yang buruk, yakni sulit untuk menghindari sikap ini ketika fenomena harbolnas ini datang kembali. Kesimpulan dari penelitian ini adalah rata-rata generasi z yang menerapkan sikap compulsive pada fenomena harbolnas mengaku merasakan penyesalan, kecanduan dan dampak negatif lainnya pada diri mereka. Maka dari itu, peran kontol diri dalam menghadapi fenomena harbolnas ini sangat penting untuk menghindari sikap konsumtif.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | sikap compulsive, fenomenologi interpretatif, fenomena harbolnas |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 09 Nov 2024 11:08 |
Last Modified: | 09 Nov 2024 11:08 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/33740 |
Actions (login required)
View Item |