Pengaruh Tingkat Kepercayaan Media Berita dan Free Mentality terhadap Kesediaan Membayar Berita Daring

Sheridan, Jessica (2024) Pengaruh Tingkat Kepercayaan Media Berita dan Free Mentality terhadap Kesediaan Membayar Berita Daring. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (139kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (223kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (364kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (520kB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (121kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (158kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Kegiatan membayar untuk berita daring di Indonesia masih tergolong rendah jika dibandingkan dengan penggunaan platform hiburan daring, terlebih yang menggunakan sistem berbayar atau berlangganan. Penelitian terdahulu membuktikan kepercayaan (trust) menjadi variabel yang menentukan kesediaan membayar seseorang (Willingness to pay), ditambah dengan kondisi informasi yang umumnya tersedia secara gratis di internet berhasil membangun free mentality masyarakat. Peneliti ingin mengetahui seberapa tinggi kepercayaan terhadap media berita dan free mentality secara bersama berpengaruh terhadap kesediaan membayar berita daring. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Reasoned Action yang dianggap tepat untuk menjelaskan WTP sebagai tindakan yang beralasan. Subjek penelitian mencakup masyarakat pembaca situs berita daring aktif di wilayah Indonesia. Penelitian kuantitatif dengan metode survei dilakukan terhadap 351 responden. Hasil analisis regresi linear berganda menunjukkan bahwa Index NT (Tingkat kepercayaan media berita) ( = 0,840, p < 0,001) berpengaruh signifikan secara positif terhadap WTP (kesediaan membayar), sedangkan Index FM (free mentality) ( = -0,515, p < 0,001) berpengaruh signifikan secara negatif. Model pengujian ini mampu menjelaskan 44,6% kecenderungan WTP pembaca, sementara terdapat 55,4% sisanya yang berkemungkinan dijelaskan oleh faktor lain. Temuan ini menegaskan bahwa kepercayaan media berita audiens dan free mentality yang hadir akibat maraknya konten gratis menjadi faktor penting dalam memprediksi kesediaan membayar, serta membuka ruang untuk eksplorasi faktor tambahan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Media berita daring, kepercayaan media berita, free mentality, willingness to pay.
Subjects: ?? PN4699-5650 ??
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 09 Nov 2024 11:09
Last Modified: 09 Nov 2024 11:09
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/33743

Actions (login required)

View Item View Item