Analisis Sentimen terhadap Review Quora Indonesia di Google Play Store Menggunakan Decision Tree dan K-Nearest Neighbors

Cahyadi, Marcellius (2024) Analisis Sentimen terhadap Review Quora Indonesia di Google Play Store Menggunakan Decision Tree dan K-Nearest Neighbors. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (473kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (189kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (237kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (182kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (111kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (169kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Quora merupakan apikasi sosial media yang berbentuk tanya jawab. Pengguna dapat mengajukan pertanyaan yang dapat dijawab oleh pengguna Quora lain dengan jawaban yang beragam tergantung dengan latar belakang pengguna tersebut. Aplikasi Quora memiliki banyak pengguna sekitar 50 juta pengguna dan telah direview oleh 970 ribu pengguna dengan rata-rata rating sebesar 4.7. Hal tersebut membuat aplikasi ini cukup banyak digunakan namun aplikasi ini tidak terlalu terdengar. Untuk itu, penelitian ini memiliki tujuan untuk melihat minat dan respon masyarakat Indonesia terhadap aplikasi Quora melalui analisis sentimen menggunakan Jupyter Notebook dengan algoritma K-Nearest Neighbors dan Decision tree. Proses analisis sentimen ini terdiri dari beberapa alur yaitu pemilihan topik data, data scrapping, data labeling, data processing, TF-IDF, Confusion Matrix, data Mining, dan Deployment yang berupa visualisasi. Hasil penelitian mendapati bahwa pengguna aplikasi Quora di Indonesia mendapat respon yang positif ditandai dengan jumlah 1234 atau sekitar 82,3% pengguna sementara untuk respons negatif hanya berkisar 266 ulasan atau hanya berkisar 17,7%. Algoritma terbaik yang dapat digunakan adalah K-Nearest Neighbors dengan pembagian 70:30. Hasil didapatkan oleh aloritma yaitu nilai akurasi sebesar 83%, Precision sebesar 84%, Recall sebesar 97%, F1_Score sebesar 90%, dan Error_Rate sebesar 16%.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Analisis Sentimen, Minat, Respon, Quora, Visualisasi
Subjects: ?? T70 ??
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Information System
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 09 Nov 2024 11:11
Last Modified: 09 Nov 2024 11:11
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/33750

Actions (login required)

View Item View Item