Pengaruh Self-Efficacy dan Entrepreneurial Motivation terhadap Business Success Usaha Mikro dan Kecil di Sektor Makanan dan Minuman di Tangerang Raya

Evangelinus Agung Nugroho, Ambrosius (2023) Pengaruh Self-Efficacy dan Entrepreneurial Motivation terhadap Business Success Usaha Mikro dan Kecil di Sektor Makanan dan Minuman di Tangerang Raya. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (471kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (288kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (185kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (407kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (739kB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (59kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (151kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kewirausahaan merupakan salah satu faktor yang dapat merangsang peningkatan perekonomian Indonesia. UMKM memiliki kontribusi besar terhadap PDB sebesar 61,07% dari total PDB nasional pada tahun 2020. Kemenetrian Koperasi dan UKM Republik Indonesia menyatakan bahwa perkembangan pada tahun 2019 UMKM di Indonesia berkisar 65,4 juta atau 99.99% dari jumlah pelaku usaha di Indonesia. Tidak terlebih di pulau jawa yang memiliki jumlah UMKM yang terbanyak dibandingkan dengan pulau yang lainnya di Indonesia. Namun tidak semua provinsi mengalami pertumbuhan, seperti pada contohnya Provinsi Banten, menurut Badan Pusat Statistik provinsi Banten memiliki jumlah UMKM terendah dibandingkan Provinsi lainnya di Pulau Jawa. Tangerang Raya sendiri masih dapat dikatakan rendah untuk persebaran UMKM di Provinsi Banten. Di Kota Tangerang sendiri memiliki 3 sektor industri, sektor transportasi dan pergudangan, dan sektor informasi dan komunikasi. Industri makanan dan minuman termasuk ke dalam sektor 1 serta mengalami perkembangan yang secara pesat. Namun masih banyak orang yang ragu untuk memulai berwirausaha terlebih dalam sektor makanan dan minuman yang dimana memiliki tingkat kegagalan yang cenderung tinggi. Oleh karena itu, diperlukan minat dalam berwirausaha serta motivasi berwirausaha agar dapat meningkatkan bisnis yang dimiliki agar adpat mencapai business success. Penelitian ini menggunakan Social Cognitive Theory dengan metode penelitian Conclusive Research Design. Penelitian ini menggunakan kuesioner sistematis untuk mengukur arah perintis, keuntungan, dan pelaksanaan bisnis untuk mengumpulkan informasi tentang faktor-faktor dependen dan independen. Metode pengumpulan sampel yang digunakan adalah non-profitability sampling dengan teknik Judmental Sampling yang kemudian diolah datanya dengan software IBM SPSS versi 25 untuk melakukan pre-test dan menggunakan SMART PLS 4 untuk melakukan main test. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan 170 responden dengan kriteria pelaku UMKM makanan dan minuman di Tangerang Raya Setelah melakukan penelitian maka menunjukkan bahwa variabel Self-Efficacy, Entrepreneurial Motivation memiliki pengaruh positif terhadap Business Success.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Self Efficacy, Entrepreneurial Motivation, Business Success
Subjects: ?? HD28 ??
Divisions: Faculty of Business > Management
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 09 Nov 2024 11:16
Last Modified: 09 Nov 2024 11:16
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/33770

Actions (login required)

View Item View Item