Liviya Krestanto, Feshia (2024) Pengaruh Entrepreneurial Orientation terhadap SMEs' Performance dengan Differentiation Advantages dan Innovation Capability sebagai Variabel Mediasi pada UMKM di DKI Jakarta. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (2MB) |
|
PDF
BAB_I.pdf Download (1MB) |
|
PDF
BAB_II.pdf Download (1MB) |
|
PDF
BAB_III.pdf Download (1MB) |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
PDF
BAB_V.pdf Download (1MB) |
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
UMKM memiliki peran dan kontribusi yang sangat besar bagi perekonomian di Indonesia. UMKM di Indonesia turut menyumbang 60% terhadap PDB dan turut menyerap 97% tenaga kerja atau sekitar 116 juta orang. Meskipun demikian, tingkat kegagalan bisnis UMKM cukup tinggi, khususnya di tahun pertama. Hal ini tentu disebabkan oleh minimnya sumber daya manusia yang berkualitas di Indonesia, sehingga para pelaku UMKM kurang tahu bagaimana cara membesarkan bisnis dan melakukan berbagi inovasi pada produk atau jasa yang mereka tawarkan yang berdampak pada performa bisnisnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan cara menyebarkan kuesioner secara online kepada 165 responden. Data yang diperoleh akan diolah menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) melalui aplikasi SmartPLS 4. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara entrepreneurial orientation terhadap innovation capability, entrepreneurial orientation terhadap differentiation advantages, entrepreneurial orientation terhadap SMEs' performance, innovation capability terhadap differentiation advantages, innovation capability terhadap SMEs' performance, dan differentiation advantages terhadap SMEs' performance. Berdasarkan hasil dari penelitian ini, upaya peningkatan yang dapat dilakukan UMKM adalah dengan melakukan riset pasar lebih mendalam untuk mengetahui kebutuhan, tren, dan preferensi konsumen dan mulai menerapkan teknologi untuk mengembangkan produk atau jasa baru mereka.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | UMKM, entrepreneurial orientation, differentiation advantages, innovation capability, SMEs' performance |
Subjects: | ?? HD28 ?? |
Divisions: | Faculty of Business > Management |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 09 Nov 2024 11:26 |
Last Modified: | 09 Nov 2024 11:26 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/33808 |
Actions (login required)
View Item |